Pengembangan e-modul sistem pencernaan manusia sebagai bahan ajar biologi kelas XI

Liftia, Rinadika (2023) Pengembangan e-modul sistem pencernaan manusia sebagai bahan ajar biologi kelas XI. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800008036_JUDUL__230808091329.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800008036_BAB_I__230807115425.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800008036_BAB_II__230807115425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800008036_BAB_III__230807115425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800008036_BAB_IV__230807115425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800008036_BAB_V__230807115426.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800008036_DAFTAR_PUSTAKA__230807115426.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Materi sistem pencernaan menjadi salah satu materi yang masih sering terjadi miskonsepsi. Karakteristik materi dalam tubuh yang dinilai abstrak dan sulit untuk diindera secara langsung dapat menimbulkan proses yang sulit pada proses belajar siswa. Keterbatasan pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembuatan bahan ajar menjadi landasan pengembangan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran pada materi Sistem Pencernaan Manusia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and development). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Langkah-langkah pertama; analysis (analisis), kedua; design (desain), ketiga; development (pengembangan), keempat; implementation (implementasi), dan kelima; evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang divalidasi oleh ahli materi dan diperoleh nilai 97,91% dengan kategori sangat baik, ahli media 72,5% dengan kategori baik, guru biologi 96,25% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya uji coba e-modul pada siswa diperoleh respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Pada uji kelompok kecil diperoleh nilai 100% dengan kategori sangat baik dan uji kelompok besar memperoleh nilai 96,98% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa E-Modul Sistem Pencernaan Manusia yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: E-modul, R&D, sistem pencernaan, Flip Pdf Professional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 Oct 2024 08:21
Last Modified: 10 Oct 2024 08:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76241

Actions (login required)

View Item View Item