NUR'AINI, SEPTINA (2023) Konsep diri dalam perspektif Muhammad Iqbal relevansinya terhadap pendidikan Islam. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700031157_JUDUL__230608011713.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700031157_BAB_I__230608011714.pdf Download (823kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700031157_BAB_II__230608011714.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700031157_BAB_III__230608011714.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700031157_BAB_IV__230608011714.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700031157_BAB_V__230608011714.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031157_DAFTAR_PUSTAKA__230608011714.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700031157_LAMPIRAN__230608011714.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitiaan ini adalah rendahnya konsep diri yang dimiliki oleh peserta didik. Konsep diri merupakan hal yang penting bagi manusia karena merupakan dasar dan pusat kesadaran seseorang dalam berperilaku, dan mengelola segala bentuk kemampuan atau potensi yang dimilikinya dengan baik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bagaimana konsep diri menurut pandangan Muhammad Iqbal beserta relevansinya terhadap Pendidikan Islam. (2) Mengetahui relevansi konsep diri Muhammad Iqbal dengan Pendidikan Islam.Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan yang mana peneliti menggunakan sumber utama dari buku konsep diri karya Muhammad Iqbal yang bertujuan untuk mengambarkan, dan mendefinisikan Konsep Diri Muhammad Iqbal dan relevansinya terhadap Pendidikan Islam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) konsep diri menurut pandangan Muhammad Iqbal disebut juga dengan diri/ego/individualitas, yang mana secara garis besar merupakan diri yang aktif, bebas, serta penuh dengan antusiasme dan optimisme. Individualitas oleh Iqbal diartikan sebagai jati diri atau karakter yang sepenuhnya bergantung pada diri manusia itu sendiri. (2) Relevansi konsep diri Iqbal dalam Pendidikan Islam yaitu proses pembelajaran lebih mengutamakan nilai-nilai pendidikan sekaligus moral kemanusiaan, dunia pendidikan akan lebih dapat mengontrol dan mengawasi perkembangan ilmu pengetahuan, menumbuh kembangkan sikap kritis terhadap suatu pemahamanyang ada di lingkungan masyarakat, serta lebih dapat menumbuh kembangkan sikap yang aktif dalam proses perkembangan ilmu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Islam; konsep diri; Muhammad Iqbal; pendidikan; perspektif;relevansi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 01:35 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 01:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76253 |
Actions (login required)
View Item |