Septi Nugraheni, Tri (2023) Konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Abduh. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600031109_JUDUL__230808064650.pdf Download (973kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600031109_BAB_I__230808064650.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600031109_BAB_II__230808064650.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600031109_BAB_III__230808064650.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600031109_BAB_IV__230808064650.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600031109_BAB_V__230808064650.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600031109_DAFTAR_PUSTAKA__230808064650.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1600031109_LAMPIRAN__230808064650.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Islam mengalami kemunduran pada abad ke-12H/18M. Faktor yang menjadi penyebab kemunduran tersebut karena adanya faham jumud. Sehingga menjadikan umat Islam tidak menerima adanya perubahan. Muhammad Abduh dikenal sebagai pelopor reformasi dan tokoh pembaharuan dalam pemikiran Islam. pengaruh pemikirannya dapat dirasakan dalam bidang reorganisasi pendidikan, tujuan pendidikan, dan metode pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Abduh, (2) untuk mengetahui relevansi konsep pemikiran Muhammad Abduh dengan pendidikan Islam.
Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan yaitu melalui sumber data primer yang berasal dari buku karya Abu Muhammad Iqbal yang berjudul Pemikiran Pendidikan Islam (Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim) dan buku karya Djarnawi Hadikusuma berjudul Aliran Pembaruan Islam, sedangkan sumber data sekunder yaitu sumber data tambahan yang diperoleh melalui buku, dokumen, jurnal, atau laman website terkait. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data melalui buku, jurnal atau sumber internet yang berkaitan dengan judul penelitian. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan metode teknik analisis isi (content analysis).
Adapun hasil penelitian yang penulis temukan di dalam penelitian ini sebagai berikut; Pertama, tujuan pendidikan menurut Muhammad Abduh yaitu untuk mendidik akal dan jiwa anak didik. Kedua, terdapat beberapa aspek konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Abduh diantaranya tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, dan metode pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan, pendidikan Islam, Muhammad Abduh |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 01:37 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 01:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76264 |
Actions (login required)
View Item |