Pemanfaatan Museum Perjuangan Yogyakarta sebagai sumber belajar IPS kelas 4 di SD Muhammadiyah Danunegaran

Manggo, Mela (2023) Pemanfaatan Museum Perjuangan Yogyakarta sebagai sumber belajar IPS kelas 4 di SD Muhammadiyah Danunegaran. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005062_JUDUL__230607114415.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005062_BAB_I__230607114415.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005062_BAB_II__230607114415.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005062_BAB_III__230607114415.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005062_BAB_IV__230607114415.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005062_BAB_V__230607114415.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005062_DAFTAR_PUSTAKA__230607114415.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005062_LAMPIRAN__230607114415.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada dasarnya adalah penjabaran dari ilmu-ilmu sosial, fenomena sosial dan gejala sosial. Mata pelajaran IPS masih dianggap pembelajaran yang membosankan oleh sebagian orang karena pembelajran yang hanya menghafal materi saja sehingga perlu strategi pemelajaran yang tepat. Guru perlu mengelola dan membuat strategi dalam mengajar dengan baik. Penggunaan media nyata dapat membantu siswa agar lebih memahami materi yang berkaitan media atau sumber belajar yang digunakan. Salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalm pembelajaran adalah Museum. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan pemanfaatan Museum Perjuangan Yogyakarta sebagai sumber belajar IPS kelas IV SD Muhammadiyah Danunegaran. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Pemanfaatan Museum Perjuangan Yogyakarta sebagai sumber belajar IPS kelas IV SD Muhammadiyah Danunegaran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Danunegaran. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan pemanfaatan Museum Perjuangan Yogyakarta sebagai sumber belajar IPS kelas 4 melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yaitu pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPP dan juga jadwal pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa melakukan pengamatan di museum dan juga mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru yaitu mencatat benda-benda peninggalan dan pahlawan yang ada di museum. Evaluasi yaitu guru mengumpulkan tugas siswa kemudian diberikan penilaian. Faktor pendukung yaitu kemauan guru dan siswa untuk belajar di museum dan sarana prasarana yang menunjang pembelajaran. Faktor penghambat yaitu siswa susah untuk diatur sehingga memuat guru sedikit kesusahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Sumber belajar, museum, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 Oct 2024 07:42
Last Modified: 10 Oct 2024 07:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76275

Actions (login required)

View Item View Item