Pengembangan antarmuka pengguna aplikasi PesanAaja dengan pendekatan Human Centered Design

Aldiansyah, Aldiansyah (2024) Pengembangan antarmuka pengguna aplikasi PesanAaja dengan pendekatan Human Centered Design. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800018165_JUDUL__240113010904.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800018165_BAB_I__240113110519.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800018165_BAB_II__240113110519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800018165_BAB_III__240113110519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800018165_BAB_IV__240113110519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800018165_BAB_V__240113110519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800018165_DAFTAR_PUSTAKA__240113110519.pdf

Download (299kB)

Abstract

PesanAja Merupakan salah satu aplikasi dari hasil proyek Ruang Ekspresi yang berfungsi untuk memudahkan pengguna memesan makanan secara online. Target pengguna PesanAja adalah seluruh karyawan UAD yang berlokasi di Yogyakarta. Pembuatan aplikasi PesanAja sebelumnya dibuat berdasarkan ide dan kreativitas Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UAD. Aplikasi ini sudah dirilis di Play Store. Menurut pengguna, aplikasi PesanAja memiliki tampilan yang kurang responsif dan fitur yang kurang lengkap. Dampak dari kelemahan aplikasi tersebut yaitu membuat pengguna tidak dapat menggunakan aplikasi dengan nyaman sehingga menyebabkan meningkatnya keluhan dari para pengguna. Jika tidak ditindaklanjuti maka dapat membuat pengguna beralih menggunakan aplikasi pemesanan makanan online yang lain bahkan pengguna tidak akan lagi menggunakan aplikasi PesanAja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi user interface(UI) aplikasi dan melakukan perancangan ulang UI dari hasil evaluasi.
Metode yang digunakan untuk merancang ulang adalah Human Centered Design(HCD). Dimana peneliti melakukan wawancara dan melakukan kuesioner System Usability Scale (SUS) pada 5 karyawan Lab Universitas Ahmad Dahlan. Hasil evaluasi aplikasi PesanAja dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) adalah 65. Skor rata rata akhir tersebut dikategorikan dalam high marginal dimana Usability aplikasi dengan skor tersebut masih belum bisa diterima oleh pengguna dan perlu dilakukan perbaikan pada user interface-nya.
Setelah dilakukan perbaikan UI aplikasi menggunakan HCD didapati perubahan pada bagian Tampilan intro yang terdapat ilustrasi dan kata-kata pengantar sebelum pengguna masuk kedalam aplikasi, Tampilan awal, login, dan daftar, Tampilan beranda, detail menu, dan detail pilihan menu, Tampilan profil,Tampilan konfirmasi pesanan. Setelah dilakukan pengujian ulang dengan SUS, user interface aplikasi versi terbaru ini mendapati skor rata-rata akhir 72.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Aplikasi PesanAja, human centered design, system usability scale, user interface
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:27
Last Modified: 14 Oct 2024 04:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76309

Actions (login required)

View Item View Item