Representasi unsur kekerasan dalam film Ṡalaṡatu Ālāf Laylatin karya Mai Masri (Analisis Sosio-Semiotika Sastra)

Dewi Murni, Sunar (2024) Representasi unsur kekerasan dalam film Ṡalaṡatu Ālāf Laylatin karya Mai Masri (Analisis Sosio-Semiotika Sastra). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900028015_JUDUL__240115034503.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900028015_BAB_I__240115034504.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900028015_BAB_II__240115034504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900028015_BAB_III__240115034504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900028015_BAB_IV__240115034504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900028015_DAFTAR_PUSTAKA__240115034504.pdf

Download (220kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk kekerasan dan tanda-tanda kekerasan yang terjadi pada film Ṡalaṡatu Ālāf Laylatin karya Mai Masri. Objek material penelitian ini diambil dari film Ṡalaṡatu Ālāf Laylatin karya Mai Masri sebagai sumber data penelitian dan objek formal penelitian ini adalah sosio-semiotika sastra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis representasi kekerasan dalam film. Teori yang digunakan adalah teori kekerasan Johan Galtung, ia mengungkapkan bahwa kekerasan bisa terjadi bila manusia dipengaruhi sedemikian rupa sehingga realisasi jasmani dan mental aktualnya berada dibawah realisasi potensialnya. Peneliti menggunakan teknik analisis semiotik Roland Barthes dalam menganalisis adegan-adegan yang digunakan dalam film ini untuk mewakili dan membantu mengidentifikasi bagaimana kekerasan struktural dan kultural. Hasil penelitian ditemukan beberapa tindak kekerasan dalam film Ṡalaṡatu Ālāf Laylatin (1) kekerasan personal/langsung terdapat 10 data, (2) kekerasan struktural terdapat 5 data, (3) kekerasan budaya terdapat 1 data. Film dianalisis sejak film diangkat dari latar belakang dengan representasi personal/langsung, struktural dan budaya yang berbeda satu sama lain. Digunakan alat struktural dan budaya untuk penggunaan personal/langsung

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kekerasan, sosio semiotika sastra, Johan Galtung, Roland Barthes
Subjects: L Education > LA History of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:40
Last Modified: 14 Oct 2024 08:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76330

Actions (login required)

View Item View Item