Putri, Elyana (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada kelas IV materi perubahan iklim untuk meningkatkan hasil belajar di SD Muhammadiyah Ambarbinangun. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005089_JUDUL__231021114701.pdf Download (684kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005089_BAB_I__231021114701.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005089_BAB_II__231021114701.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005089_BAB_III__231021114701.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005089_BAB_IV__231021114701.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005089_BAB_V__231021114701.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005089_DAFTAR_PUSTAKA__231021114701.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005089_LAMPIRAN__231021114701.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005089_NASKAH_PUBLIKASI__231021114701.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi digital kini sudah mulai digunakan di dalam lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran. Perkembangan teknologi dalam kegiatan pembelajaran berupa alat pembelajaran yang berbentuk media. Media pembelajaran Articulate Storyline termasuk ke dalam kelompok media hasil teknologi gabungan atau multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline pada materi perubahan iklim. (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi perubahan iklim. (3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi perubahan iklim terhadap hasil belajar.
Penelitian merupakan penelitian Research and Development ini metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media Articulate Storyline yaitu metode ADDIE dengan 4 tahapan 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, dan 4) Evaluation. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Ambarbinangun.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data yaitu 1) Analisys, hasil belajar, materi, dan media pembelajaran. 2) Design, jabaran materi, Flowchart, dan Storyboard. 3) Development, produksi media dan uji coba lapangan. 4) Evaluation, analisis hasil belajar Pretest dan Posttest dengan uji N-gain. Hasil dari ahli media hasil validasi materi diperoleh nilai 87,5 dengan kategori "Sangat Baik". Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 92,5 dengan kategori "Sangat Baik". Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 95,8 dengan kategori "Sangat Baik". Hasil validasi ahli bahasa diperoleh nilai 80,3 dengan kategori "Baik". Kemudian setelah data diakumulasi diambil nilai rata daari validari ahli media, validasi ahli materi, validasi ahli pembelajaran, dan validasi ahli bahasa diperoleh nilai 90,37 dengan kategori "Sangat Baik". Hasil penggunaan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline terbukti meningkatkan hasil belajar berdasrkan dari uji N-gain mendapatkan 0.70 dengan kategori Efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Perubahan iklim, media pembelajaran, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 03:39 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 03:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76339 |
Actions (login required)
View Item |