DESIYANI, CINDY (2023) Pengembangan media buku diary untuk mengenalkan konsep diri pada siswa SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700001063_JUDUL__231114060715.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700001063_BAB_I__231114060715.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700001063_BAB_II__231114060715.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700001063_BAB_III__231114060715.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700001063_BAB_IV__231114060715.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700001063_BAB_V__231114060715.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001063_DAFTAR_PUSTAKA__231114060715.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700001063_LAMPIRAN__231114060715.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa SMP mulai memasuki suatu proses perkembangan dinamis pemantapan pribadi serta menyelesaikan tugas-tugas pekembangan yang dimiliki. Salah satu tugas perkembangan remaja adalah menerima, mengenal dan menilai diri5er. Penilaian diri atas segala bentuk tentang dirinya dinamakan konsep diri. Remaja yang tidak menyelesaikan tugas perkembangannya akan berdampak pada prilaku menyimpang, kriminalitas, kehilangan motivasi, kurangnya perencanaan masa depan dan menutup diri. Berdasarkan hasil studi pendahuluan guru BK membutuhkan media untuk menunjang layanan bimbingan dan konseling tentang konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku diary yang berkualitas sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep diri pada siswa SMP agar nantinya dapat digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (research & development) dengan menggunakan model Borg dan Gall sampai tahapan kelima, yaitu 1) Planning (perencanaan), 2) Develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal), 3) Preliminary field and testing (uji coba lapangan awal), 4) Main product revision (revisi hasil uji coba lapangan awal), 5) Main product revision (revisi hasil uji coba lapangan awal). Penelitian ini menggunakan instrument lembar penilaian untuk penilaian ahli media, ahli materi dan ahli layanan BK terhadap media buku diary untuk mengenalkan pemahaman konsep diri siswa SMP.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan media media buku diary untuk meningkatkan pemahaman konsep diri siswa SMP ini yaitu uji ahli materi medapatkan nilai 77,5 dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian ahli media mendapatkan nilai 95 dengan kategori “Sangat Baik”, dan penilaian ahli layanan mendapatkan nilai 92,5 dengan kategori “Sangat Baik. Dengan demikian, media buku diary untuk mengenalkan pemahaman konsep diri siswa SMP berkualitas untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Siswa, konsep diri, buku diary |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 01:22 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 01:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76359 |
Actions (login required)
View Item |