MAYANGSARI, INDAH (2023) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di SDIT Generasi Mulia Nanggulan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800031214_JUDUL__230623092643.pdf Download (618kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800031214_BAB_I__230623092643.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800031214_BAB_II__230623092643.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800031214_BAB_III__230623092643.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800031214_BAB_IV__230623092643.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800031214_BAB_V__230623092643.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031214_DAFTAR_PUSTAKA__230623092643.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800031214_LAMPIRAN__230623092643.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kenakalan remaja yang semakin marak di Indonesia. Kaum remaja yang seharusnya menajdi agent of change tetapi memiliki nilai moral yang kurang baik. Tujuan Penelitian ini yakni; (1) Untuk dapat mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Generasi Mulia Nanggulan; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Generasi Mulia Nanggulan; (3) Untuk mengetahui manfaat kecerdasan spiritual terhadap akhlak siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, yaitu membiasakan siswa melaksanakan ibadah dengan benar, Bina pribadi islami, membiasakan membaca al-quran dan hafalan al-qur’an, menjadi figure guru yang baik, membiasakan siswa berlaku jujur, meningkatkan kecerdasan spiritual melalui kisah, hafalan do’a sehari-hari dan hadits, hafalan surat pendek; (2) faktor pendukungnya yakni siswa yang mudah menyesuaikan tempat, adanya kontribusi antara orang tua dan guru. Manfaat kecerdasan spiritual terhadap akhlak siswa siswa lebih disiplin, memiliki sopan dan santun kepada guru dan orang yang lebih dewasa, melaksanakan kegiatan ibadah dengan baik tanpa harus di tegurtingkat hafalan siswa semakin meningkat dan cara membaca mereka semakin baik, memiliki pondasi yang baik; (3) Kendala yang dialami guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan pengetahuan agama siswa yakni dari lingkungan keluarga yang berbeda, pergaulan lingkungan, media sosial, kurangnya perhatian orang tua karena kesibukkan dan kurangnya pemahaman orang tua mengenai spiritual.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi, pendidikan Agama Islam, kecerdasan spiritual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76411 |
Actions (login required)
View Item |