Peningkatan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta

Husnul Khotimah, Ihda (2023) Peningkatan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031167_JUDUL__230221121639.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031167_BAB_I__230220033027.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031167_BAB_II__230220033027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031167_BAB_III__230220033027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031167_BAB_IV__230220033027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031167_BAB_V__230220033027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031167_DAFTAR_PUSTAKA__230220033027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031167_LAMPIRAN__230220033027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900031167_NASKAH_PUBLIKASI__230220033221.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru dalam dunia
pendidikan yang dinilai kurang kompeten dalam menjalankan tugasnya seperti
penguasaan strategi dan materi yang kurang maksimal, belum lulus sertifikasi
guru profesional, belum bisa menjadi motivator bagi peserta didik, dan lain
sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam terkait
profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah
Purwodiningratan Yogyakarta serta berbagai kendala dan upaya dalam
peningkatan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah
Purwodiningratan Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan menggunakan metode
kualitatif dan pendekatan deskriptif serta teknik pengumpulan data melalui teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini
sebanyak 6 informan; 1 orang kepala sekolah, 4 orang guru PAI, dan 1 orang
pegawai tata usaha. Sumber data sekunder diperoleh melalui media perantara
berupa arsip atau catatan, artikel dan buku-buku. Untuk mengetahui keabsahan
data menggunakan teknik triangulasi dan menggunakan bahan referensi.
Kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif menurut Miles dan
Hubermen meliputi reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peningkatan
profesionalisme guru PAI di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta
adalah memiliki pengetahuan dan menguasai terkait pendidikan dan pengajaran,
terus meningkatkan kompetensi diri ditengah perkembangan zaman yang dinamis,
berkomitmen dalam menjalankan tugas secara optimal, menjadi suri tauladan,
berfikir terbuka dan memiliki kesadaran diri akan profesi yang sedang
diembannya. Kedua, kendala yang dihadapi guru PAI dalam upaya peningkatan
profesionalismenya; padatnya waktu mengajar, penerapan media ajar
menggunakan LCD jarang dilakukan, kurangnya dukungan dari faktor eksternal
guru PAI, kurangnya penanaman kesadaran diri akan profesinya bagi guru PAI
dan pengelolaan pola pikir untuk maju. Ketiga, upaya yang dapat dilakukan guru
PAI dalam rangka meningkatkan profesionalismenya; aktif mengikuti berbagai
pelatihan, webinar, pembinaan ataupun studi banding, rutin mengikuti Kelompok
Kerja Guru, memperkaya referensi bacaan, bergabung dalam organisasi, rutin
mengadakan rapat koordinasi, mengimprovisasi metode mengajar serta
melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Guru PAI, profesionalisme, SD Muhammadiyah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:15
Last Modified: 15 Oct 2024 02:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76427

Actions (login required)

View Item View Item