Fitria, Vina (2023) Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik Problem Solving dalam meningkatkan kematangan karir peserta didik kelas XI Agama MAN 3 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001211_JUDUL__230810052621.pdf Download (715kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001211_BAB_I__230810052621.pdf Download (561kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001211_BAB_II__230810052621.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001211_BAB_III__230810052621.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001211_BAB_IV__230810052622.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001211_BAB_V__230810052622.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001211_DAFTAR_PUSTAKA__230810052622.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001211_LAMPIRAN__230810052622.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan “pre-occuoation” yakni sebuah awal dalam menentukan karir seseorang. Karir merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan seseorang, maka peserta didik perlu dibantu untuk mengembangkan dan merencanakan pilihan karirnya. Di lapangan banyak ditemukan kegagalan studi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi karena tidak dapat memasuki jurusan terrtentu atau salah dalam pengambilan keputusan karir. Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan berbagai pemahaman mengenai orientasi karir yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meningkatkan kematangan karir peserta didik kelas XI Agama MAN 3 Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental design menggunakan model one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah kelas XI Agama MAN 3 Bantul yang berjumlah 10 peserta didik. Uji validitas diketahui menggunakan product moment dengan bantuan SPSS 24 for windows dan Microsoft Excell. Uji Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbcah. Data yang terkumpul dalam bentuk angka (kuantitatif) yang kemudian dianalisis secara statistik. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji paired sample t-test yang berdasarkan hasil uji prasyarat.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh t hitung = 4,721 >
2,262 pada signifikansi (ɑ) = 5% dan hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < ɑ (0,05)
sehingga Ho ditolak yang menunjukan bahwa ada peningkatan kematangan karir
peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving.
Kematangan karir peserta didik sebelum diberikan treatment berada dalam kategori
sedang dengan rata rata 96,6 dan meningkat sebesar 12,8 sehingga rata rata
kematangan karir setelah diberikan treatment menjadi 10,94 yang berarti termasuk
dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kematangan karir, problem solving, layanan bimbingan kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:37 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76438 |
Actions (login required)
View Item |