NUGROHO, AGUNG (2023) Pengembangan media animasi belajar untuk pembelajaran tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 pada siswa kelas V sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600005217_JUDUL__230221043723.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600005217_BAB_I__230221043723.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600005217_BAB_II__230221043723.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600005217_BAB_III__230221043723.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600005217_BAB_IV__230221043723.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600005217_BAB_V__230221043723.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005217_DAFTAR_PUSTAKA__230221043723.pdf Download (137kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1600005217_LAMPIRAN__230221043723.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005217_NASKAH_PUBLIKASI__230221043723.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan media pembelajaran di kelas V SD yang masih klasikal, belum menggunakan metode variatif dan pemanfaatan teknologi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui langkah-langkah pengembangan media animasi belajar untuk pembelajaran tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 pada siswa kelas V SD. 2) Mengetahui kualitas media animasi belajar untuk pembelajaran tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 pada siswa kelas V SD, dan 3) Mengetahui kelayakan media animasi belajar untuk pembelajaran tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 pada siswa kelas V SD.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Jenis data penelitian yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan statistik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Pengembangan media animasi belajar diperlukan langkah-langkah:1) Mencari potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Mendesain produk, 4) Melakukan validasi dengan ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. 2. Kualitas media animasi belajar untuk pembelajaran tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 pada kelas V yang telah dilakukan memiliki kualitas baik dan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari penilaian ahli media memiliki kualitas sangat baik, ahli materi memiliki penilaian baik, dan ahli pembelajaran memiliki nilai baik. 3. Media animasi belajar untuk pembelajaran tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 pada kelas V memiliki kelayakan, sangat layak dan layak. Hal ini dapat dilihat dari nilai validasi ahli media yaitu sangat layak, ahli materi layak, ahli pembelajaran layak, serta pengguna yaitu guru yang masuk dalam kategori layak dan siswa yang masuk kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media animasi, pembelajaran, tematik, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:32 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:32 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76500 |
Actions (login required)
View Item |