Rema Gare, Viktorinus (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model Problem-Based Learning (PBL) dengan bantuan Simulasi Physics Education Technology (PhET) pada materi hukum Coulomb untuk meningkatkan pemahaman konsep, literasi digital dan kreativitas siswa SMP. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207041004_JUDUL__240620093241.pdf Download (733kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207041004_BAB_I__240620093241.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207041004_BAB_II__240620093241.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207041004_BAB_III__240620093241.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207041004_BAB_IV__240620093241.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207041004_BAB_V__240620093241.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207041004_DAFTAR_PUSTAKA__240620093241.pdf Download (178kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207041004_LAMPIRAN__240620093241.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207041004_NASKAH_PUBLIKASI__240620093241.pdf Download (881kB) |
Abstract
Pendidikan IPA di tingkat SMP memiliki tantangan terutama dalam melibatkan peserta didik secara aktif untuk meningkatkan literasi digital, berpikir kreatif, dan memahami konsep IPA berkitan dengan materi hukum Coulomb yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran model Problem-Based Learning (PBL) dengan bantuan simulasi Physics Education Technology (PhET) yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA, dan (2) mendeskripsikan efektivitas model PBL berbantuan PhET terhadap kemampuan pemahaman konsep hukum Coulomb, literasi digital, dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model 4D. Subjek penelitiannya saat implementasi menggunakan PTK adalah 22 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Soa. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara guru, angket respon peserta didik, tes pemahaman konsep hokum Coulomb kemampuan literasi digital, tes kreativitas siswa. Analisis data dengan menggunakan persamaan untuk validitas isi dan konstruksi melalui statistic dengan mendeskripsikan validitas isi dengan persamaan V Aiken, dan persamaan Percentage agreement (PA), dan mengungkapkan stadar gain serta deskripsinya secara kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran IPA model PBL dengan bantuan PhET yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak. Penerapan model PBL dengan bantuan PhET terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman materi hukum Coulomb, kemampuan literasi digital dan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | PBL, PhET, literasi digital, kreativitas , hukum Coulomb |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:17 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:17 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76548 |
Actions (login required)
View Item |