Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model Problem-Based Learning (PBL) dengan bantuan Simulasi Physics Education Technology (PhET) pada materi hukum Coulomb untuk meningkatkan pemahaman konsep, literasi digital dan kreativitas siswa SMP

Rema Gare, Viktorinus (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model Problem-Based Learning (PBL) dengan bantuan Simulasi Physics Education Technology (PhET) pada materi hukum Coulomb untuk meningkatkan pemahaman konsep, literasi digital dan kreativitas siswa SMP. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207041004_JUDUL__240620093241.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207041004_BAB_I__240620093241.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207041004_BAB_II__240620093241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207041004_BAB_III__240620093241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207041004_BAB_IV__240620093241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207041004_BAB_V__240620093241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207041004_DAFTAR_PUSTAKA__240620093241.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2207041004_LAMPIRAN__240620093241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T2_2207041004_NASKAH_PUBLIKASI__240620093241.pdf

Download (881kB)

Abstract

Pendidikan IPA di tingkat SMP memiliki tantangan terutama dalam melibatkan peserta didik secara aktif untuk meningkatkan literasi digital, berpikir kreatif, dan memahami konsep IPA berkitan dengan materi hukum Coulomb yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran model Problem-Based Learning (PBL) dengan bantuan simulasi Physics Education Technology (PhET) yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA, dan (2) mendeskripsikan efektivitas model PBL berbantuan PhET terhadap kemampuan pemahaman konsep hukum Coulomb, literasi digital, dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model 4D. Subjek penelitiannya saat implementasi menggunakan PTK adalah 22 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Soa. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara guru, angket respon peserta didik, tes pemahaman konsep hokum Coulomb kemampuan literasi digital, tes kreativitas siswa. Analisis data dengan menggunakan persamaan untuk validitas isi dan konstruksi melalui statistic dengan mendeskripsikan validitas isi dengan persamaan V Aiken, dan persamaan Percentage agreement (PA), dan mengungkapkan stadar gain serta deskripsinya secara kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran IPA model PBL dengan bantuan PhET yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak. Penerapan model PBL dengan bantuan PhET terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman materi hukum Coulomb, kemampuan literasi digital dan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: PBL, PhET, literasi digital, kreativitas , hukum Coulomb
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 18 Oct 2024 01:17
Last Modified: 18 Oct 2024 01:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76548

Actions (login required)

View Item View Item