Pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ISMUBA di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Sadiah, Halimatus (2024) Pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ISMUBA di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031039_JUDUL__240625111549.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031039_BAB_I__240625111549.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031039_BAB_II__240625111549.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031039_BAB_III__240625111549.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031039_BAB_IV__240625111549.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031039_BAB_V__240625111549.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031039_DAFTAR_PUSTAKA__240625111549.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031039_LAMPIRAN__240625111549.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah ditemukannya fenomena
kemampuan berpikir siswa yang berbeda-beda ditandai dengan adanya siswa dalam
satu kelas yang tidak banyak yang mampu menyampaikan pendapat terkait
pembelajaran, serta ada juga siswa di dalam kelas lain yang banyak untuk
menyampaikan pendapat, memperbanyak kegiatan literasi di SMA Muhammadiyah
3 Yogyakarta, serta digunakannya metode diskusi pada mata pelajaran ISMUBA.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui pengaruh metode diskusi
terhadap kemamapuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ISMUBA di SMA
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata
pelajaran ISMUBA di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, untuk mengetahui
seberapa besar tingkat pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa pada mata pelajaran ISMUBA di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survey dengan
pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3
Yogyakarta. Dengan terfokus pada 402 siswa dengan mengambil sampel sebanyak
203 siswa. Penarikan sampel menggunakan Teknik probability sampling dengan
jenis teknik proportionate stratified random sampling. Variabel bebas (X) dalam
penelitian ini adalah metode diskusi dan variabale terikat (Y) dalam penelitian ini
adalah kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner atau angket berupa google form. Adapun teknik analisis data
menggunakan anilisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for
Windows.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang
positif dan signifikan antara metode diskusi terhadap kemampuan berpikir kreatif
siswa pada mata pelajaran ISMUBA di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta
disebabkan karena ternyata siswa signifikan pada perilaku kesempatan berpikir,
mengeluarkan pendapat, mengembangkan sikap toleran, serta demokratif,
menumbuhkan partisipsi aktif, membuat kesimpulan Dengan aspek paling
berpengaruh signifikan adalah membuat kesimpulan dengan nilai 3,10 dengan
kategori sedang. Serta besaran kontribusi pengaruh metode diskusi terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yaitu
nilai R Square 0,564 yaitu 56,4% dengan, sedangkan sisanya sebesar 44,6%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti di penelitian ini seperti kecerdasan,
kepribadian, motivasi, sarana, pendidikan, serta lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemampuan berpikir kreatif, pembelajaran ISMUBA, metode diskusi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:14
Last Modified: 17 Oct 2024 08:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76555

Actions (login required)

View Item View Item