Velita Bela, Dinda (2024) Manajemen kesiswaan dalam upaya membentuk karakter siswa di SD Negeri Bener Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046002_JUDUL__240321053244.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046002_BAB_I__240321053244.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046002_BAB_II__240321053244.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046002_BAB_III__240321053244.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046002_BAB_IV__240321053244.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046002_BAB_V__240321053244.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046002_DAFTAR_PUSTAKA__240321053244.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046002_LAMPIRAN__240321053244.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini sekolah telah mengembangkan pendidikan karakter melalui berbagai jalur seperti kultur sekolah, pembelajaran di dalam kelas dan di luar sekolah, namun terdapat permasalahan di area ini yaitu masih ada siswa yang perlu dibiasakan untuk mengajarkan karakter, misalnya karena ada yang tidak sopan bertemu dengan guru masih sering mengganggu temannya sehingga ada yang mengatakan tidak baik yaitu tidak pantas. Maka hal ini harus dilakukan agar hal negatif ini tidak bertahan dan tidak ditiru oleh siswa lain yang tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis manajemen kesiswaan dalam upaya membentuk karakter siswa di SD Negeri Bener Yogyakarta
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dengan 7 responden yaitu: kepala sekolah, 3 orang guru kelas yaitu kelas 2, 4, 5 dan 1 orang siswa serta 2 orang wali murid, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini ada dua macam: 1) Triangulasi sumber 2) Triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles, Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Analisis dan penerimaan dalam membentuk karakter siswa di SD N Bener adalah melalui pembelajaran di kelas dan luar kelas. Kemudian proses rekrutmen dalam upaya pembentukan karakter siswa adalah melalui jalur pembiasaan, keteladanan dan prestasi. 2) Orientasi dan penempatan dalam membentuk karakter siswa pada aspek akademik adalah selain penempatan kelas, yaitu menerapkan budaya wajib sholat dhuha dan dhuhur, kegiatan berdoa sebelum KBM, dan kegiatan keagamaan lainnya. Sedangkan pada aspek non akademik melalui ekstrakurikuler. 3) Pembinaan dan pengembangan dalam membentuk karakter siswa pada aspek kurikuler adalah melalui pembelajaran kelas kemudian aspek kokurikuler melalui penerapan pada bakat dan minat, artinya siswa SD N Bener disediakan fasilitas oleh sekolah berupa sarana dan prasarana untuk kegiatan bakat dan minat tersebut guna mengasah potensi sehingga siswa memiliki kemampuan kualitas dibidang imtaq dan iptek. Adapun aspek ekstrakurikuler yaitu setiap Bapak/Ibu guru yang menjadi pembina
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Karakter, manajemen, siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 08:15 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 08:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76566 |
Actions (login required)
View Item |