Pengembangan video interaktif materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan Pancasila bagi peserta didik fase b kelas IV sekolah dasar

Aprida, Zerintan (2024) Pengembangan video interaktif materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan Pancasila bagi peserta didik fase b kelas IV sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005155_JUDUL__240704045658.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005155_BAB_I__240704045658.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005155_BAB_II__240704045658.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005155_BAB_III__240704045658.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005155_BAB_IV__240704045658.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005155_BAB_V__240704045658.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005155_DAFTAR_PUSTAKA__240704045658.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005155_LAMPIRAN__240704045659.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005155_NASKAH_PUBLIKASI__240704045659.pdf

Download (416kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang berfungsi sebagai pemusat perhatian peserta didik, membangkitkan motivasi belajar, serta mengaktifkan respon peserta didik. Video interaktif adalah media pembelajaran berbasis audio visual yang akan mengajak penonton sebagai pengguna, pemilik, dan partisipan aktif terhadap media yang dikemas secara sinematik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tahapan pembuatan, dan kualitas media video interaktif materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan Pancasila bagi peserta didik fase b kelas IV sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yaitu analysis/analisis, design/desain, development/pengembangan, Implementation/implementasi, dan evaluation/evaluasi. Pada tahap implementation, peneliti tidak melakukan tahap ini karena keterbatasan waktu. Desain uji coba dilakukan dengan validasi ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, dan respon peserta didik serta respon guru. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan lembar penilaian. Teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Subyek sasaran implementasi media adalah seluruh peserta didik fase b kelas IV SD Muhammadiyah Sambisari yang berjumlah 15 orang, dan 1 guru kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. Penilaian oleh ahli media mendapatkan nilai 94,5 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai 91 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran mendapatkan nilai 75 dengan kategori “Baik”. Hasil uji coba media menunjukkan bahwa hasil respon peserta didik mendapatkan nilai 96 dengan kategori “Sangat Baik”, dan respon guru mendapatkan nilai 100 dengan kategori “Sangat Baik”. Perolehan nilai akhir dari validator ahli, respon peserta didik dan guru mendapatkan nilai 94,2 dengan kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video interaktif materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan pancasila bagi peserta didik fase b kelas IV sekolah dasar berkualitas untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila fase b kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Hak dan kewajiban, pendidikan pancasila, pengembangan, sekolah dasar,video interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:51
Last Modified: 17 Oct 2024 06:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76577

Actions (login required)

View Item View Item