Imtinan, Salsabila (2023) Keefektifan teknik self-instruction dalam konseling kelompok untuk mengurangi burnout akademik siswa. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001020_JUDUL__230812124211.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001020_BAB_I__230811084131.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001020_BAB_II__230811084131.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001020_BAB_III__230811084131.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001020_BAB_IV__230811084131.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001020_BAB_V__230811084131.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001020_DAFTAR_PUSTAKA__230811084131.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001020_LAMPIRAN__230811084131.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Burnout akademik adalah kondisi mental siswa yang lelah sehingga siswa mengalami perasaan bosan dan sangat kelelahan secara psikologis yang menyebabkan siswa kehilangan minat, semangat, motivasi, serta daya ingat untuk melaksakan kegiatan belajar sehingga ilmu yang didapatkan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik self-instruction dalam konseling kelompok untuk mengurangi burnout akademik siswa.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian True-Eksperimen Design dengan menggunakan model Pretest-Posttest Control Group Design. Penentuan subjek dilakukan dengan simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKS SMK Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 10 siswa. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif kemudian di analisis secara statistic. Penggunaan analisis data statistic pada penelitian ini menggunakan Mann whitney u test melalui SPSS 22.
Berdasarkan hasil penelitian, terjadi penurunan burnout akademik pada siswa kelas X TKS SMK Negeri 4 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan pada nilai rata-rata pretest-posttest pada skala burnout akademik sebesar 31,2 menjadi 24,2 setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik self-instruction untuk kelompok eksperimen dan terjadi penurunan rata-rata sebesar 32,2 menjadi 31,4 untuk kelompok kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil perhitungan uji mann whitney u test yaitu Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 009 < (0,05). Sehingga disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseing kelompok teknik self-instruction. Hal ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik self-instruction efektif untuk mengurangi burnout akademik pada siswa kelas X TKS SMK Negeri 4 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Burnout akademik, teknik self-instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:18 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76835 |
Actions (login required)
View Item |