Setyawan, Hari (2023) Pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku verbal abuse peserta didik kelas VIII di MTS Muhammadiyah Kasihan Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600001254_JUDUL__230624125227.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600001254_BAB_I__230624113539.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600001254_BAB_II__230624113539.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600001254_BAB_III__230624113539.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600001254_BAB_IV__230624113539.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600001254_BAB_V__230624113539.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600001254_DAFTAR_PUSTAKA__230624113539.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1600001254_LAMPIRAN__230624113539.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600001254_NASKAH_PUBLIKASI__230624124526.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu hasil kemajuan teknologi yaitu terciptanya gadget. Terciptanya
gadget memiliki fungsi dan manfaat sebagai alat komunikasi, menjalin
komunikasi dengan kerabat jauh dan teman, serta menunjang ilmu pendidikan.
Banyak kosakata negatif yang diserap anak dari gadget sehingga anak cenderung
melakukan verbal abuse. Kekerasan verbal/verbal abuse merupakan suatu
tindakan membentak, memberikan hinaan, membuat malu, memberi umpatan, dan
memberi rasa takut kepada orang lain menggunakan ucapan yang tidak pantas.
Tujuan dari penelitain ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap
perilaku verbal abuse.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan model korelasional. Penelitian dilakukan di MTs
Muhammadiyah Kasihan Bantul dengan populasinya peserta didik kelas VIII.
Total sampel yang digunakan berjumlah 45 peserta didik dan terdiri atas kelas
VIII A dan VIII B. Variabel yang digunakan yaitu penggunaan gadget sebagai
variabel bebas dan perilaku verbal abuse sebagai variabel terikat. Instrument yang
digunakan, yaitu skala verbal abuse. Hasil dari pengujian validitas terdapat 8 butir
pernyataan penggunaan gadget dan 26 butir pernyataan perilaku verbal abuse.
Hasil uji reabilitas 34 butir pernyataan reliabel/konsisten. Data dianalisis
menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan uji prasyarat meliputi uji
normalitas, uji linieritas, serta uji heteroskedasitas.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu data berdistribusi normal, terdapat
hubungan linier antar variabel, dan data bersifat homogen. Penggunaan gadget
tertinggi dalam kategori tinggi sebesar 60%. Perilaku verbal abuse tertinggi dalam
kategori sedang sebesar 56%. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh
penggunaan gadget terhadap perilaku verbal abuse. Besar pengaruh verbal abuse
sebesar 11,5% dengan 89,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dengan tinggi hasil
penggunaan gadget dapat dilakukan konseling kognitif behavior dengan teknik
self instruction training.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Gadget, layanan, perilaku, verbal abuse |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:09 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76844 |
Actions (login required)
View Item |