Pengembangan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada teks drama berbantuan media Wordwall

Fadzira, Era (2024) Pengembangan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada teks drama berbantuan media Wordwall. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000003085_JUDUL__240320120410.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000003085_BAB_I__240320120411.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000003085_BAB_II__240320120411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000003085_BAB_III__240320120411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000003085_BAB_IV__240320120411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000003085_BAB_V__240320120411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003085_DAFTAR_PUSTAKA__240320120411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000003085_LAMPIRAN__240320120411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan kompetensi dasar peserta didik
agar mampu memperluas kualitaas diri dan berpatisipasi aktif dalam kegiatan yang
bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Pergantian yang ditetapkann oleh
kemendikbud dari ujian nasional menjadi asesmen nasional menybabkan sulitnya
peserta didik untuk menyesuaikan hal tersebut, tentu memilki perbedaan yang
signifikan. Penggunaan bahasa yang kompleks dan sederhana memudahkan peserta
didik untuk lebih mudah memahmi maksud soal yang menggiring berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis peserta didik dalam
mengerjakan soal-soal asesmen kompetensi minimum pada teks drama berbantuan
media Wordwall; (2) mendeskripsikan proses pengembangan soal-soal asesmen
kompetensi minimum meningkatkan literasi membaca peserta didik pada teks
drama; (3) mendeskripsikan efektivitas mengerjakan soal-soal asesmen kompetensi
minimum agar meningkatkan literasi membaca pada teks dram .
Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan atau Research and Development
(R&D) dengan menggunkan metode ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Sementara objek penelitian
berupa pengembangan soal-soal asesmen kompetensi minimum berbantuan media
Wordwall. Teknik dan instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data
penelitian yaitu melalu observasi, wawancara, dan kuesioner/angket. Teknik
analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil
data dari angket yang telah diisi oleh ahli media pembelajaran, ahli materi
pembelajaran, ahli pengajaran, hasil angket yang di dapatkan, akan diatur
menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa (1) bahwa kondisi peserta
didik kurang paham dalam mengerjakan soal-soal asesmen kompetensi minimum;
(2) pengembangan soal-soal asesmen kompetensi minimum dilakukan setelah hasil
analisis kebutuhan dan rancangan desain dibuat, kemudian dikembangkan soal-soal
asesmen kompetensi minimum yang kompleks dan sesuai dengan lingkungan
sekitar; (3) soal-soal asesmen kompetensi minimum yang dikembangkan
dikatagorikan “sangat layak” digunakan. Hal ini sejalan dengan hasil dari nilai ratarata yang diperoleh dari penilaian para ahli berjumlah 86; dan hasil uji-t
independent soal-soal asesmen kompetensi minimum dengan berbantuan media
Wordwall dinyatakan “efektif” diterapkan dalam melakukan ujian menggunakan
soal asesmen kompetensi minimum. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan
bahwa pengembangan soal-soal asesmen kompetensi minimum pada teks drama
berbantuan media Wordwall layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:23
Last Modified: 22 Oct 2024 04:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76864

Actions (login required)

View Item View Item