Ayu Afifah, Nafadhila (2023) Persepsi pasien terhadap pemasaran melalui digital marketing di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900029060_JUDUL__231223083846.pdf Download (725kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900029060_BAB_I__231223083846.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900029060_BAB_II__231223083846.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900029060_BAB_III__231223083846.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900029060_BAB_IV__231223083846.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900029060_BAB_V__231223083846.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900029060_DAFTAR_PUSTAKA__231223083846.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900029060_LAMPIRAN__231223083846.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900029060_NASKAH_PUBLIKASI__231223083846.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan dalam layanan kesehatan dapat dilakukan dengan memanfaatkan
teknologi digital. Pemasaran digital merupakan pemasaran barang maupun jasa yang ditargetkan,
terukur, dan interaktif menggunakan teknologi digital untuk menjangkau pelanggan secara tepat
waktu, hemat biaya dan waktu. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi pasien terhadap
pemasaran melalui digital marketing di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Metode: Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah
pendekatan fenomenologi. Metode pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive
sampling yang dipilih sesuai kriteria meliputi 5 informan utama antara lain pasien yang pernah
mengakses pemasaran digital dan 3 informan kunci antara lain Staf Media Sosial, Kepala Seksi
Pemasaran serta Direktur Umum dan Keuangan. Instrumen yang digunakan berupa pedoman
wawancara yang mengacu pada model AISAS. Hasil: Persepsi attention menyadarkan pasien
terhadap pelayanan jasa melalui jejaring sosial (instagram atau facebook). Persepsi interest
meningkatkan ketertarikan dalam menggunakan pelayanan jasa melalui jejaring sosial (instagram
atau facebook). Persepsi search memberikan kemudahan pasien dalam mencari informasi melalui
jejaring sosial (instagram atau facebook) tetapi masih terdapat kendala di bagian admin yang
kurang merespon pesan. Persepsi action meningkatkan pasien dalam mengakses pelayanan jasa
melalui jejaring sosial (instagram atau facebook), belum ada evaluasi. Persepsi share sebagian
pasien ada dan tidak membagikan informasi kepada orang lain. Kesimpulan: Pasien memberikan
persepsi positif terhadap produk atau layanan jasa yang ditawarkan melalui digital marketing yang
digunakan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul, namun perlu meningkatkan dalam hal search dan
action.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | AISAS, pemasaran digital, persepsi pasien |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisi / Prodi: | Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:11 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76937 |
Actions (login required)
View Item |