Rukmini, Rukmini (2023) Habituasi budaya religius melalui pembiasaan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun) di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Klaten. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031170_JUDUL__230514101343.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031170_BAB_I__230514101343.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031170_BAB_II__230514101343.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031170_BAB_III__230514101343.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031170_BAB_IV__230514101343.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031170_BAB_V__230514101343.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031170_DAFTAR_PUSTAKA__230514101343.pdf Download (161kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031170_LAMPIRAN__230514101343.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin canggih secara tidak langsung mempengaruhi perilaku siswa, banyak dijumpai generasi muda di lingkungan sekolah yang jarang menerapkan budaya 5S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun). Salah satu faktor yang menjadi penyebab turunnya budaya 5S di sekolah maupun di luar sekolah yaitu dikarenakan anak remaja yang telah banyak menerapkan budaya westernisasi. Terjadinya hal seperti ini dikarenakan banyak anak remaja hingga orang dewasa memiliki akses yang sangat mudah untuk meniru perilaku hidup negara lain yang cenderung egois dan hedonis. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bagaimana budaya religius di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Klaten. (2) Mengetahui bagaimana implementasi pembiasaan budaya 5S dalam membentuk sikap religius di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Klaten. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat budaya 5S di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Klaten. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan juga siswi SMP Muhammadiyah Sinar Fajar.
Metode penelitian menggunakan penelitian deskripstif kualitatif dan jenis penelitian ini studi lapangan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) SMP Muhammadiyah Sinar Fajar menerapkan budaya religius yang terbagi menjadi beberapa jenis budaya, yaitu budaya lentra pagi, budaya perwalian dan budaya keputrian. (2) SMP Muhammadiyah Sinar Fajar mengimplementasikan budaya 5S dimana saja, dengan siapa saja dan kapan saja wajib melaksanakan budaya 5S, apabila ketika disekolah maka budaya 5S ini dimulai dari siswa memasuki gerbang sekolah. (3) SMP Muhammadiyah Sinar Fajar dalam mengimplementasi budaya religius 5S adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu guru-guru yang mulai membiasakan terlebih dahulu mengenai 5S maka siswa siswi mencontoh ikut mengimplementasikan. Faktor penghambatnya yaitu lebih kepada pribadi siswa siswi yang terkadang sedang murung sehingga tidak nampak senyumnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Budaya, religius, 5S, siswa-siswi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:58 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:58 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76944 |
Actions (login required)
View Item |