Yunia Cahyani, Ayu (2024) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada muatan pelajaran pendidikan Pancasila di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005155_JUDUL__240808042209.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005155_BAB_I__240808025335.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005155_BAB_II__240808025335.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005155_BAB_III__240808025335.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005155_BAB_IV__240808025335.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005155_BAB_V__240808025335.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005155_DAFTAR_PUSTAKA__240808025335.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005155_LAMPIRAN__240808044239.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu tantangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu adanya keberagaman karakteristik atau kebutuhan siswa. Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan kesiapan, minat, dan profil siswa adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan belajar mereka.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila di SD unggulan Aisyiyah Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V di SD unggulan Aisyiyah Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) impelementasi pembelajaran berdiferensiasi pada muatan pelajaran pendidikan Pancasila terdapat beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan guru melakukan pemetaan kebutuhan siswa menggunakan asesmen diagnostik dan melakukan pengembangan rencana pembelajaran berdiferensiasi. Pada tahap pelaksanaan pelajaran Pendidikan Pancasila guru memberikan materi terkait pelaksanaan norma, hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari menggunakan 4 strategi yaitu konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Tahap terakhir adalah evaluasi pembelajaran yang dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman atau penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari, 2) faktor pendukung pada implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SD unggulan Aisyiyah Bantul yaitu adanya kontribusi pihak sekolah melalui kegiatan workshop, pendampingan kepada guru dan penyediaan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu karena guru membutuhkan waktu yang lebih banyak mulai dari perencanaan hingga pelaksanaanya dan evaluasi yang guru lakukan tidak dibedakan soalnya dikarenakan soal tersebut diberikan secara individu untuk siswa. Kontribusi hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi dan memberikan pilihan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila lebih inovatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran berdiferensiasi, pendidikan Pancasila, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:13 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77023 |
Actions (login required)
View Item |