Riski Anfadya, Fitra (2024) Implementasi pendidikan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler Pramuka pada peserta didik di SD Negeri Caturtunggal 6. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005083_JUDUL__240826013314.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005083_BAB_I__240826013314.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005083_BAB_II__240826013314.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005083_BAB_III__240826013314.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005083_BAB_IV__240826013314.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005083_BAB_V__240826013314.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005083_DAFTAR_PUSTAKA__240826013314.pdf Download (174kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005083_LAMPIRAN__240826013314.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005083_NASKAH_PUBLIKASI__240826013314.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter pada peserta didik, khususnya karakter tanggung jawab. Upaya dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan menanamkan sikap tanggung jawab kepada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Caturtunggal 6. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler kepramukaan di SD Negeri Caturtunggal 6 dan 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Caturtunggal 6.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pembina Pramuka dan empat peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Caturtunggal 6 terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaannya yaitu dengan menyiapkan RPK Pramuka, sarana dan prasarana dan materi yang akan digunakan dalam kegiatan Pramuka. Pelaksanaanya meliputi penerapan yang dilakukan melalui disiplin diri, bekerja sama dengan teman satu tim, tepat waktu saat berlatih, dapat mengontrol diri, gigih dan memenuhi kewajiban dalam menjalankan tugas. Evaluasinya yaitu pembina Pramuka menggunakan strategi khusus untuk menarik perhatian dari siswa saat menyampaikan materi dan memberikan pendampingan khusus bagi siswa yang dianggap kurang kesadarannya dalam menjalankan tugas. Kemudian untuk faktor pendukungnya adalah keteladanan, kemauan, dan kerjasama antara pembina Pramuka, siswa dan orang tua siswa. Sedangkan faktor pengambatnya adalah kurangnya kerjasama antara warga sekolah dengan orang tua siswa dan cuaca yang tidak menentu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Ekstrakurikuler, pramuka, tanggung jawab |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 06:15 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 06:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77094 |
Actions (login required)
View Item |