Yanti, Wulan Dwi (2024) Analisis pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas V pada kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005191_JUDUL__240827122139.pdf Download (655kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005191_BAB_I__240827122139.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005191_BAB_II__240827122139.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005191_BAB_III__240827122139.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005191_BAB_IV__240827122139.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005191_BAB_V__240827122139.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005191_DAFTAR_PUSTAKA__240827122139.pdf Download (178kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005191_LAMPIRAN__240827122139.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penelitian dalam berbagai sumber, kurikulum merdeka sudah diterapkan agar peserta didik dapat aktif dalam pembelajaran dan mengetahui potensi yang dimiliki dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dalam kurikulum merdeka di berbagai mata pelajaran yang ada di sekolah dasar salah satunya mata pelajaran Pendidikan Pancasila khususnya pada kelas 5 SD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta faktor penghambat dan pendukung mengenai pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta dengan subjek yang digunakan di dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 5, dan peserta didik kelas 5. Objek dalam penelitian ini yaitu pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta khususnya pada kelas 5 mencakup komponen dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu isi, proses, produk, dan lingkungan belajar yang dengan metode pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Analisis pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta khususnya pada peserta didik kelas 5 memiliki faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat di antaranya yaitu pengetahuan dan keterampilan guru yang masih terbatas, jumlah peserta didik yang banyak, dan sumber daya yang terbatas. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam pelaksanaannya yaitu pelatihan yang dilakukan untuk guru, kolaborasi antara guru, dan kurikulum yang fleksibel.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum, pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 06:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 06:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77095 |
Actions (login required)
View Item |