Pengembangan sistem informasi pariwisata Kabupaten Karawang menggunakan metode prototype

Hidayat, Tisna (2024) Pengembangan sistem informasi pariwisata Kabupaten Karawang menggunakan metode prototype. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000018313_JUDUL__240823020445.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000018313_BAB_I__240823020445.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000018313_BAB_II__240823020445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000018313_BAB_III__240823020445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000018313_BAB_IV__240823020445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000018313_BAB_V__240823020445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018313_DAFTAR_PUSTAKA__240823020445.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000018313_LAMPIRAN__240823020445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan aspek penting dalam meningkatkan pendapatan pemerintah dan ekonomi lokal. Kabupaten Karawang memilik potensi sebagai rujuan wisata dengan berbagai destinasi wisata. Namun, kurangnya manajemen dan ketersediaan informasi mengenai tempat wisata di Karawang menghambat perkembangan pariwisata di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi pariwisata berbasis web untuk di Kabupaten Karawang.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain studi literatur dan survei. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu prototype model. Prototype model merupakan suatu pendekatan pengembangan perangkat lunak yang melibatkan pembuatan prototype atau model awal yang berfungsi dari sistem yang akan dikembangkan. Dalam metode ini, tahapan dimulai dari pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, dan pengujian sistem. Penggunaan metode prototype dalam penelitian ini berdasarkan metode yang lebih terstruktur dan menghasilkan sistem yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menemukan informasi terkait pariwisata di Kabupaten Karawang. Pengujian sistem dilakukan dengan dua metode yaitu System Usability Scale (SUS) dan Black Box.
Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Informasi berbasis web untuk pengenalan lokasi wisata di Kabupaten Karawang yang memungkinkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai pariwisata di Kabupaten Karawang. Prototype diuji menggunakan SUS dengan nilai 83 yang berarti bahwa antarmuka mudah untuk digunakan. Meskipun demikian ada beberapa masukan dari pengguna untuk perbaikan lebih lanjut. Pengujian sistem secara fungsional dilakukan menggunakan metode black box dengan hasil 100% sesuai. Berdasarkan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Karawang, pariwisata, prototype, sistem informasi, System Usability Scale (SUS)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 28 Oct 2024 02:53
Last Modified: 28 Oct 2024 02:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77108

Actions (login required)

View Item View Item