Hidayat, Tisna (2024) Pengembangan sistem informasi pariwisata Kabupaten Karawang menggunakan metode prototype. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000018313_JUDUL__240823020445.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000018313_BAB_I__240823020445.pdf Download (532kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000018313_BAB_II__240823020445.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000018313_BAB_III__240823020445.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000018313_BAB_IV__240823020445.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000018313_BAB_V__240823020445.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018313_DAFTAR_PUSTAKA__240823020445.pdf Download (531kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000018313_LAMPIRAN__240823020445.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pariwisata merupakan aspek penting dalam meningkatkan pendapatan pemerintah dan ekonomi lokal. Kabupaten Karawang memilik potensi sebagai rujuan wisata dengan berbagai destinasi wisata. Namun, kurangnya manajemen dan ketersediaan informasi mengenai tempat wisata di Karawang menghambat perkembangan pariwisata di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi pariwisata berbasis web untuk di Kabupaten Karawang.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain studi literatur dan survei. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu prototype model. Prototype model merupakan suatu pendekatan pengembangan perangkat lunak yang melibatkan pembuatan prototype atau model awal yang berfungsi dari sistem yang akan dikembangkan. Dalam metode ini, tahapan dimulai dari pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, dan pengujian sistem. Penggunaan metode prototype dalam penelitian ini berdasarkan metode yang lebih terstruktur dan menghasilkan sistem yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menemukan informasi terkait pariwisata di Kabupaten Karawang. Pengujian sistem dilakukan dengan dua metode yaitu System Usability Scale (SUS) dan Black Box.
Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Informasi berbasis web untuk pengenalan lokasi wisata di Kabupaten Karawang yang memungkinkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai pariwisata di Kabupaten Karawang. Prototype diuji menggunakan SUS dengan nilai 83 yang berarti bahwa antarmuka mudah untuk digunakan. Meskipun demikian ada beberapa masukan dari pengguna untuk perbaikan lebih lanjut. Pengujian sistem secara fungsional dilakukan menggunakan metode black box dengan hasil 100% sesuai. Berdasarkan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Karawang, pariwisata, prototype, sistem informasi, System Usability Scale (SUS) |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:53 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77108 |
Actions (login required)
View Item |