Maryani, Hesti (2024) Analisis deskriptif komunikasi interpersonal antara pembina dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kecamatan Banguntapan pada pembentukan jiwa entrepreneurship. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800030391_JUDUL__240919082126.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800030391_BAB_I__240918023415.pdf Download (296kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800030391_BAB_II__240918023415.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800030391_BAB_III__240918023415.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800030391_BAB_IV__240918023415.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800030391_DAFTAR_PUSTAKA__240918023415.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800030391_LAMPIRAN__240918023415.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800030391_NASKAH_PUBLIKASI__240918023415.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
Abstract
Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah salah satu usaha
dalam meningkatkan ekonomi dimana pelaku usaha dapat tumbuh dan
berkembang bersama usahanya. Kelompok UMKM Kapanewon Banguntapan
menjadi salah satu wadah bagi para pelaku usaha untuk berinovasi,
mengembangkan kreativitas, dan mengasah potensi diri dalam berwirausaha.
Semakin meningkatnya ekonomi daerah, dimana itu dimulai dari usaha yang
berskala kecil dan factor kemauan dan kemampuan seseorang dalam
menciptakan produk yang bernilai jual, maka Kelompok UMKM Kapanewon
Banguntapan membuka peluang bagi pelaku-pelaku usaha untuk belajar
kewirausahaan di dalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menhetahui
komunikasi interpersonal pembina dan pelaku usaha UMKM Kapanewon
Banguntapan dalam membentuk jiwa entrepreneurship .
Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif . teknik
pengumpulan data dilakukan mencakup wawancara dengan pembina dan
pelaku usaha, selain itu pengumpulan data juga dilakukan dengan observasi
dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data interaktif
yaitu reduksi data, display data dan menarik Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal Pembina dan
Pelaku Usaha UMKM Kapanewon Banguntapan dalam Membentuk Jiwa
Entrepreneurship cukup berhasil dan mampu membentuk jiwa
entrepreneurship pelaku usaha. Pembina melakukan pendekatan, dan
menciptakan komunikasi yang harmonis sehingga mudah dalam
menyampaikan pesan-pesan kewirausahaan. Dalam membentuk jiwa
entrepreneur pelaku usaha, pembina menggunakan efektivitas komunikasi
interpersonal menurut Joseph A. De Vito dengan lima kualitas umum yaitu
Keterbukaan (Opennes), Empati (Empathy), Sikap Mendukung
(Supportiveness), Sikap Positif (Possitivenes), Kesetaraan (Equality).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Komunikasi interpersonal, entrepreneurship, UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:47 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77188 |
Actions (login required)
View Item |