Nasriati, Sonia (2024) Analisis strategi pemasaran produk gadai emas dalam upaya menarik minat nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Bima Soetta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900032120_JUDUL__240919120701.pdf Download (641kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900032120_BAB_I__240919094654.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900032120_BAB_II__240919094654.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900032120_BAB_III__240919094654.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900032120_BAB_IV__240919094654.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900032120_BAB_V__240919094654.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900032120_DAFTAR_PUSTAKA__240919094654.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900032120_LAMPIRAN__240919094654.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
Abstract
Gadai emas pada BSI KC Bima Soetta ini memiliki tantangan dalam pemasaran produknya, dimana orang lebih banyak mengenal soal gadai yaitu di pegadaian. Strategi pemasaran sangat penting dalam dunia bisnis karena memilki posisi sebagai penghubung antara produsen dan konsumen supaya produk yang dipromosikan itu bisa berjalan dengan lancar dan juga menjaga kelangsungan hidup Bank itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan BSI Kantor Cabang Bima Soetta dalam menarik minat nasabah pada produk gadai emas dan menganalisis strategi pemasaran produk gadai emas yang paling berpengaruh.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang ditemukan bahwa dalam meningkatkan minat nasabah dapat dilihat dari strategi marketing Mix yang diterapkan oleh bank syariah indonesia KC Bima Soetta. Dalam aspek produk BSI KC Bima Soetta fokus pada kualitas dan keberagaman produk gadai emas dan memperhatikan kebutuhan nasabah, pengembangan produk gadai emas menjadi produk yang diminati nasabah, dari segi harga BSI KC Bima Soetta memberikan biaya administrasi dan biaya sewa yang murah, dari segi promosi sudah cukup baik dalam memasarkan produk, dengan cara offline dan online, offline meliputi (pemasangan spanduk, banner, brosur, berkunjung ke instansi) dan ada juga menggunakan personal selling sedangkan secara online mempromosikan gadai emas melalui media social seperti (Instagram, Facebook, Whatsapp, Tiktok). dari segi tempat, BSI KC Bima Soetta sangat strategis dan mudah dijangkau. Faktor yang dapat mempengaruhi minat nasabah dalam menentukan pilihannya terkait produk yang akan digunakan yaitu berdasarkan faktor internal dan eksternal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi pemasaran, gadai emas, minat nasabah, Bank Syariah Indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-islamic banking(perbankan syariah) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:04 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77215 |
Actions (login required)
View Item |