Syahra Azizah, Alifia (2024) Keterkaitan gender guru terhadap kreativitas pembelajaran seni rupa di sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005231_JUDUL__240922124826.pdf Download (924kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005231_BAB_I__240922124826.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005231_BAB_II__240920061656.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005231_BAB_III__240920061656.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005231_BAB_IV__240922124909.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005231_BAB_V__240922124826.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005231_DAFTAR_PUSTAKA__240920061657.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005231_LAMPIRAN__240922124934.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini menunjukkan adanya ketidaksetaraan gender dalam pendidikan di Indonesia, meskipun jumlah guru perempuan di sekolah dasar lebih banyak, mereka masih menghadapi stereotip dan hambatan dalam mencapai posisi kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan gender guru terhadap kreativitas pembelajaran seni rupa di SD Muhammadiyah Bantul Kota dan mengeskplorasi faktor penghambat dan pendukung dalam keterkaitan gender guru terhadap kreativitas seni rupa di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Kreativitas dalam pembelajaran seni rupa dipandang penting untuk pengembangan peserta didik, dan gender guru diyakini memiliki pengaruh terhadap cara peserta didik merespon dan berkembang dalam aspek ini.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Bantul Kota dengan subjek yang digunaan di dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru koordinator ekstrakurikuler, guru ekstrakurikuler, dan peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu keterkaitan gender guru terhadap kreativitas pembelajaran seni rupa di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian tentang Keterkaitan Gender Guru Terhadap Kreativitas Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar menunjukkan bahwa adanya keterkaitan gender guru terhadap kreativitas pembelajaran seni rupa di SD Muhammadiyah Bantul Kota, namun gender guru bukanlah faktor utama dalam kreativitas peserta didik. Peserta didik mampu menunjukkan rasa semangat yang tinggi, memiliki rasa humor yang tinggi, dapat bereksplorasi dan bereskperimen, dapat melakukan hal -hal dengan sendiri serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Faktor pendukung meliputi minat dan bakat alami peserta didik, lingkungan yang mendukung, serta pendidikan yang diberikan oleh guru. Lingkungan yang kondusif, termasuk dukungan dari keluarga dan teman sebaya. Di sisi lain, faktor penghambat utama yang ditemukan adalah suasana hati peserta didik yang tidak stabil. Ketidakstabilan emosi ini seringkali menjadi tantangan dalam upaya mengoptimalkan potensi kreativitas peserta didik dalam kegiatan seni rupa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Gender, kreativitas, seni rupa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:25 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77286 |
Actions (login required)
View Item |