Bayu Heriaji, Satria (2024) Pengembangan media assessment pembelajaran aplikasi Quizizz pada materi pendidikan Pancasila hubungan antar sila dalam Pancasila di kelas V SD Interaktif Harum Mulia. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005021_JUDUL__240922025945.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005021_BAB_I__240922025945.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005021_BAB_II__240922025945.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005021_BAB_III__240922025945.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005021_BAB_IV__240922025945.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005021_BAB_V__240922025945.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005021_DAFTAR_PUSTAKA__240922025945.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005021_NASKAH_PUBLIKASI__240922025945.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai proses pemberian bimbingan atau bantuan kepada peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Media Assessment Pembelajaran Aplikasi Quizizz bertujuan untuk menarik perhatian peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk membantu guru dalam menyampaikan materi Hubungan Antar Sila Dalam Pancasila.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, menggunakan 5 langkah pengembangan di dalamnya, yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Pelaksanaan, 5) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan RnD (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, penilaian guru kelas V, dan siswa kelas V berjumlah 12 orang.
Teknik pengumpulan data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Dari hasil analisis data kualitatif dan data kuantitatif oleh para ahli menunjukkan bahwa: Oleh ahli media dengan nilai 68 dalam kategori yaitu "Baik", oleh ahli materi dengan nilai 85 dalam kategori "Sangat Baik", serta oleh ahli pembelajaran dengan nilai 86,6 dalam kategori “Sangat Sesuai. Kemudian diuji coba oleh guru kelas V dengan memperoleh nilai 87,36 dan peserta didik kelas V memperoleh nilai 86,11 dalam kategori yaitu “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Media Assessment Pembelajaran Aplikasi quizizz materi pada hubungan antar sila dalam Pancasila kelas V di Sekolah Dasar masuk ke dalam kategori sangat baik digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media assessment, aplikasi Quizizz, materi pendidikan Pancasila, sekolah dasar Interaktif Harum Mulia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:04 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77291 |
Actions (login required)
View Item |