Damar Maulana, Gilang (2024) Analisis kepuasan pengguna dalam penggunaan aplikasi MyYOGYA menggunakan metode EUCS. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000016018_JUDUL__241020121857.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000016018_BAB_I__241020121857.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000016018_BAB_II__241020121857.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000016018_BAB_III__241020121857.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000016018_BAB_IV__241020121857.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000016018_BAB_V__241020121857.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000016018_DAFTAR_PUSTAKA__241020121857.pdf Download (179kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000016018_LAMPIRAN__241020121857.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Di era perkembangan teknologi yang pesat ini, sektor pemasaran juga dituntut untuk memahami kondisi pasar dan mencari peluang untuk inovasi baru. PT. Akur Pratama (Yogya Group) merilis aplikasi belanja bernama MyYOGYA untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan harian dan bulanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur taraf kepuasan serta efek kepuasan pengguna aplikasi MyYOGYA menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS).
Metode EUCS melibatkan lima variabel, yakni konten, ketepatan, format, penggunaan sistem, serta akuratnya waktu. Tahapan pada temuan ini meliputi observasi terhadap aplikasi MyYOGYA, perancangan dan uji angket, serta sebaran dan mengumpulkan data angket. Uji kuesioner dilaksanakan dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil akhir dari pengolahan data menunjukkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi MyYOGYA. Kelebihan dari EUCS ini adalah metode ini sangat cocok digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan karena variabel dan indikator sesuai dengan permasalahan yang terdapat pada aplikasi MyYOGYA dan metode EUCS ini lebih efektif dibandingkan metode lain yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasaan suatu sistem atau aplikasi.
Dari hasil analisis, ditemukan bahwa 73% pengguna merasa puas dengan aplikasi MyYOGYA. Rekomendasi diberikan berdasarkan variabel dalam metode EUCS yang masih memiliki tingkat kepuasan yang rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | MyYOGYA, EUCS, Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:05 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:05 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77314 |
Actions (login required)
View Item |