Kurniawan, Hengki (2023) Relevansi karakter berkemajuan dalam Pendidikan Agama Islam studi pemikiran Abdul Mu’ti. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600031097_JUDUL__230808120818.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600031097_BAB_I__230808120818.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600031097_BAB_II__230808120818.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600031097_BAB_III__230808120818.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600031097_BAB_IV__230808120818.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600031097_BAB_V__230808120818.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600031097_DAFTAR_PUSTAKA__230808120819.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian adalah terkait penanaman karakter berkemajuan KH Ahmad Dahlan dalam Perspektif Abdul Mu’ti. Tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahui karakter berkemajuan K.H. Ahmad Dahlan dan relevansi karakter berkemajuan dalam pendidikan agama Islam studi pemikiran Abdul Mu’ti
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan.Data primer dalam penelitian adalah Buku studi pemikiran terkait karakter berkemajuan karya Abdul Mu'ti. Sedangkan data sekunder nya adalah bersumber dari artikel jurnal, dan buku hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Analisis nya adalah dengan konten analisis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakter berkemajuan yang ada pada diri K.H. Ahmad Dahlan ada 17 karakter yakni: a) Ningrat-merakyat, b) Puritan-inklusif, c) Kritis-konstruktif, d) Priyayi-melayani, e) Kaya-bersahaja, f) Hartawan-dermawan, g) Alim-tidak ekstrim, h) Kiai-tidak semuci, i) Teguh-tidak angkuh, j) Elit-tidak elitis, k) Arab-tidak kearaban, l) Jawa-tidak kejawen, m) Guru-tidak mengurui, n) Terbuka-tidak liberal, o) Taat-tidak radikal, p) Bersahabat-tidak menjilat, q) Berani-rendah hati. Selanjutnya, karakter berkemajuan dalam perspektif Abdul Mu’ti ada lima karakter yakni: a) Mendunia, b) Terbuka, c) Inovatif tata kelolanya, d) Adaptif terhadap perubahan, dan e) Responsif terhadap berbagai persoalan kontemporer. Karakter berkemajuan K.H. Sedangkan relevansi karakter berkemajuan dalam pendidikan agama Islam studi pemikiran Abdul Mu’ti mempunyai empat relevansi terhadap Pendidikan agama Islam saat ini. Pertama, Peserta didik menegakkan tauhid yang murni Kedua, menjadikan pribadi yang berakhlakul kharimah Ketiga, menjadikan pribadi yang berpikiran terbuka. Keempat, menjadikan pribadi yang gemar bersilaturahmi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Karakter berkemajuan, Abdul Mu’ti |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 09:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 09:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77329 |
Actions (login required)
View Item |