Pengembanganِ e-modul interaktif berbasis contextual teaching and learning CTL pada pokok bahasan persamaanِ linearِ satuِ variabel

Rachmawati, Lina (2023) Pengembanganِ e-modul interaktif berbasis contextual teaching and learning CTL pada pokok bahasan persamaanِ linearِ satuِ variabel. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006038_JUDUL__230808012323.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006038_BAB_I__230808012323.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006038_BAB_II__230808012323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006038_BAB_III__230808012323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006038_BAB_IV__230808012323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006038_BAB_V__230808012323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006038_DAFTAR_PUSTAKA__230808012323.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006038_LAMPIRAN__230808012323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan
dalam proses pembelajaran matematika. Smartphone hanya digunakan untuk
menonton video dari YouTube yang dibagikan guru melalui group WhatsApp
sehingga kurang dimanfaatkan secara maksimal. Di sisi lain peserta didik masih
kesulitan dalam menyelesaikan sebuah soal cerita yang berhubungan dengan
masalah kontekstual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan produk berupa E-Modul interaktif berbasis Contextual Teaching
and Learning (CTL) bagi peserta didik kelas VII, serta mengetahui kevalidan dan
kepraktisan produk tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, &
Evaluation). Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas
VII D SMP Negeri 1 Jetis tahun ajaran 2022/2023 dengan lima peserta didik pada
uji kelas kecil dan 30 peserta didik pada uji kelas besar. Metode pengumpulan data
yaitu dengan wawancara untuk tahap pra penelitian dan juga angket untuk uji
validasi dan kepraktisan. Tahap analisis data dilaksanakan dengan melakukan
perhitungan dan analisis hasil uji kevalidan dari ahli materi dan media, serta hasil
uji kepraktisan dari peserta didik pada uji kelas kecil dan besar.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan penilaian E-Modul
interaktif memperoleh rata-rata 3,68 oleh ahli materi dengan kategori sangat valid
dan rata-rata 3,6 oleh ahli media dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk
respon peserta didik memperoleh presentase sebesar 90,72% pada uji coba kelas
kecil dengan kriteria sangat praktis dan memperoleh presentase sebesar 85,95%
dengan kriteria sangat praktis pada uji coba kelas besar. Berdasarkan hasil tersebut
maka diperoleh kesimpulan bahwa E-Modul interaktif berbasis CTL sangat valid
dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: E-Modul, CTL, PLSV
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:27
Last Modified: 04 Dec 2024 06:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77341

Actions (login required)

View Item View Item