PEMBUATAN PAPAN INFORMASI ARTHROPODA BERBASIS QR-CODE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS X MATERI ANIMALIA DI TAMAN GAJAH WONG EDUCATIONAL PARK

Arlyanading Matikno, Sukarni Aufi and Prasetyo Moro, Hendro Kusumo Eko PEMBUATAN PAPAN INFORMASI ARTHROPODA BERBASIS QR-CODE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS X MATERI ANIMALIA DI TAMAN GAJAH WONG EDUCATIONAL PARK. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of Tamplate Jurnal Biossaphire.docx] Text
Tamplate Jurnal Biossaphire.docx

Download (311kB)

Abstract

Papan Informasi Arthropoda Berbasis QR-Code dibutuhkan oleh sekolah MA Nurul Ummah sebagai sumber belajar biologi materi animalia kelas X dan berguna untuk pengunjung Taman Gajah Wong Educational Park sebagai sumber informasi terkait arthropoda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis arthropoda yang terdapat di Taman Gajah Wong Educational Park, mengetahui potensi yang ada di Taman Gajah Wong Educational Park untuk dijadikan sumber belajar dalam pencapaian kompetensi dasar kurikulum yang berlaku dan untuk mengetahui kualitas papan informasi arthropoda berbasis QR-Code berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru biologi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development yang menggunakan model ADDIE dan dibatasi sampai tahap development. Produk dinilai oleh ahli materi, ahli media dan guru biologi kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Instrumen penilaian berupa pedoman wawancara dan lembar penilaian. Arthropoda yang ditemukan di Taman Gajah Wong Educational Park berjumlah 20 spesies. Papan Infromasi Arthropoda Berbasis QR-Code berpotensi sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X materi animalia. Papan Informasi Arthropoda Berbasis QR-Code yang telah dinilai oleh ahli materi, ahli media dan guru biologi mendapatkan kualitas sangat baik.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Papan Informasi, Arthropoda, QR-Code, Sumber Belajar, Taman Gajah Wong Educational Park
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: Sukarni Aufi Arlyanading
Date Deposited: 23 Nov 2024 01:23
Last Modified: 23 Nov 2024 01:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77436

Actions (login required)

View Item View Item