Ayunissa, Risma (2024) Analisis Bentuk-Bentuk Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Membangun Generasi Islami (MGI) Islamic School Kawali Jawa Barat. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031005_JUDUL__240706100835.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031005_BAB_I__240706100835.pdf Download (663kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031005_BAB_II__240706100835.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031005_BAB_III__240706100835.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031005_BAB_IV__240706100835.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031005_BAB_V__240706100835.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031005_DAFTAR_PUSTAKA__240706100835.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031005_LAMPIRAN__240706100835.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Orang tua merupakan sosok terpenting dalam proses pendidikan anak. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan di sekolah sangat dibutuhkan guna mewujudkan keselarasan pendidikan antara di rumah dan di sekolah, terlebih pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dewasa ini, sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa pendidikan adalah tugas sekolah, padahal suksesnya pendidikan di sekolah tidak lepas dari peran keluarga khususnya orang tua dan juga lingkungan masyarakat. Selain itu, tidak semua sekolah berupaya memaksimalkan kegiatan keterlibatan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK MGI Islamic School Kawali, beserta faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Teknik analisis data yakni menggunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan sebagai acuan penelitian yaitu teori keterlibatan orang tua menurut Epstein.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, bentuk-bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK MGI Islamic School Kawali terdiri dari: 1) Pendidikan orang tua, yakni dalam kegiatan parenting dan Sekolah Orang Tua Santri (SOS). 2) Komunikasi, yakni secara langsung dan tidak langsung. 3) Sukarelawan, yakni dalam kegiatan kepanitiaan, donatur, narasumber, dan sosial kemanusiaan. 4) Pembelajaran di rumah, yaitu dengan adanya modul/bahan ajar. 5) Pembuatan keputusan yakni diwadahi oleh Persatuan Orang Tua Murid (POM). 6) Kerjasama dengan masyarakat, yakni dengan unit layanan masyarakat dan komunitas masyarakat. Faktor pendukungnya yaitu dari pihak internal dan eksternal sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu ada pada kemungkinan bentrok antara pekerjaan orang tua dengan kegiatan tahunan (SOS) dan juga kendala teknis umum.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Keterlibatan Orang tua, Pendidikan Anak Usia Dini, Taman KanakKanak Berbasis Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 01:30 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 01:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77472 |
Actions (login required)
View Item |