Lina Fitriana, Labibah (2024) Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan potensi peserta didik secara seimbang di SD Negeri Bokoharjo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031104_JUDUL__240706015335.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031104_BAB_I__240706015209.pdf Download (553kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031104_BAB_II__240706015209.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031104_BAB_III__240706015210.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031104_BAB_IV__240706015210.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031104_BAB_V__240706015210.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031104_DAFTAR_PUSTAKA__240706015210.pdf Download (391kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031104_LAMPIRAN__240706015210.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan potensi peserta didik tidak lepas dari adanya keterlibatan guru dalam proses pembelajaran. Melalui proses pembelajaran di sekolah, guru berupaya keras untuk mengembangkan potensi-potensi peserta didik ke taraf yang seimbang dan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan potensi peserta didik secara seimbang di SD Negeri Bokoharjo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, peneliti juga melakukan teknik triangulasi agar data yang diperoleh benar-benar teruji keabsahannya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti ada tiga, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan potensi peserta didik meliputi latar belakang keluarga peserta didik, minat dan motivasi dalam belajar, kondisi kesehatan peserta didik, kondisi lingkungan dan fasilitas sekolah, cara mengajar guru, pergaulan antar teman, dan kebijakan kurikulum yang berlaku. 2) Upaya guru PAI dalam mengembangkan potensi peserta didik secara seimbang yaitu melakukan pendekatan dengan peserta didik, mendesain strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi dan sederhana, melakukan evaluasi pembelajaran, melatih kegiatan ektrakurikuler, menangani peserta didik yang bermasalah dengan memberikan layanan BK Islami, memberikan teladan dan menanamkan akhlak yang baik kepada peserta didik melalui pembiasaan rutin di sekolah, meningkatkan kemampuan dengan mengikuti berbagai pelatihan guru, mengadakan dan merealisasikan program pengembangan peserta didik, serta menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan para guru dan wali peserta didik. 3) Hambatan yang dihadapi guru PAI dalam mengembangkan potensi peserta didik diantaranya yaitu sulit melatih kegiatan ektrakurikuler karena keterbatasan tenaga dan waktu kegiatan berlangsung singkat, tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, suasana kelas yang kurang kondusif, jam kegiatan ektrakurikuler yang kurang efektif, fasilitas dan kondisi lingkungan sekolah yang kurang mendukung, serta terdapat beberapa wali peserta didik yang sulit diajak kerjasama dan komunikasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Guru PAI, Perkembangan, Potensi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 09:18 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 09:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77489 |
Actions (login required)
View Item |