Mahendra, Wahyu (2024) Penerapan model pembelajaran outdoor learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Muhammadiyah Pandeyan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005337_JUDUL__240709125429.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005337_BAB_I__240709125241.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005337_BAB_II__240709125241.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005337_BAB_III__240709125241.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005337_BAB_IV__240709125241.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005337_BAB_V__240709125241.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005337_DAFTAR_PUSTAKA__240709125241.pdf Download (191kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005337_LAMPIRAN__240709125241.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005337_NASKAH_PUBLIKASI__240709125241.pdf Download (263kB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SD Muhammadiyah Pandeyan yaitu keaktifan
dan hasil peserta didik kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial (IPAS) masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pada proses
pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional
yang mengakibatkan peserta didik mudah merasa bosan dan tidak nyaman. Salah
satu cara untuk mengatasi rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik yaitu
dengan menggunakan model pembelajaran Outdoor learning. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan model pembelajaran outdoor
learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran IPAS Kelas V di SD Muhammadiyah Pandeyan.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20
peserta didik dengan rincian 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik
pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
Outdoor Learning efektifi dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta
didik kelas V SD Muhammadiyah Pandeyan. Perolehan hasil observasi yang telah
dinilai oleh guru pada siklus I sebesar 70% dengan kategori cukup aktif, mengalami
peningkatan pada siklus II sebesar 80% dengan kriteria aktif. Hasil belajar peserta
didik dilihat melalui soal test siklus I dan soal test siklus II. Hal ini dapat dilihat
dengan nilai rata rata soal test yang dilakukan pada siklus I sebesar 53,25 dengan
persentase 10% keberhasilan peserta didik, mengalami peningkatan sesuai dengan
hasil soal test yang dilakukan pada siklus II sebesar 74,5 dengan persentase 75%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Outdoor Learning, Keaktifan, Hasil Belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 02:02 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 02:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77495 |
Actions (login required)
View Item |