Pengembangan media pop up book kekayaan budaya indonesia untuk meningkatkan hasil belajar IPAS Siswa kelas IV SD

Rahmadaniah Putri, Risa (2024) Pengembangan media pop up book kekayaan budaya indonesia untuk meningkatkan hasil belajar IPAS Siswa kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005124_JUDUL__240709125632.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005124_BAB_I__240709125632.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005124_BAB_II__240709125632.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005124_BAB_III__240709125632.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005124_BAB_IV__240709125632.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005124_BAB_V__240709125632.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005124_DAFTAR_PUSTAKA__240709125632.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005124_LAMPIRAN__240709125632.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005124_NASKAH_PUBLIKASI__240709125632.pdf

Download (229kB)

Abstract

Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang
monoton seringkali menjadi salah satu penyebab capaian pembelajaran tidak dapat
dicapai secara maksimal oleh peserta didik. Media pembelajaran yang monoton
kurang mampu untuk menarik perhatian peserta didik khususnya pada mata
pelajaran IPS. Media yang digunakan masih banyak yang belum mampu untuk
menarik perhatian dan meningkatkan semangat belajar peserta didik. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan adanya pengembangan media
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan, menganalisis
kelayakan dan menganalisis efektivitas media pembelajaran Pop-Up Book
Kekayaan Budaya Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development
(R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, serta soal pre-test dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ahli, guru,
siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangwaru dan siswa kelas IV SD
Muhamamdiyah Karangharjo Berbah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengembangan media Pop-Up Book
Kekayaan Budaya Indonesia menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu
analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (2) kelayakan
media Pop-Up Book dilihat dari hasil valiadi ahli, penilaian guru, dan respon siswa.
Validasi ahli media memperoleh nilai 94,2 dengan kategori Sangat Baik, ahli
materi memperoleh nilai 70 dengan kategori Baik, ahli bahasa memperoleh nilai
86,6 dengan kategori Sangat Baik, ahli pembelajaran memperoleh nilai 88 dengan
kategori Sangat Baik, penilaian guru memperoleh nilai 90,9 dengan kategori Sangat
Baik, respon siswakelompok kecil memperoleh nilai 89,7 dengan kategori Sangat
Baik, dan respon siswa kelompok besar memperoleh nilai 94,8 dengan kategori
Sangat Baik. (3) efektivitas media Pop-Up Book dilihat dari hasil uji paired sampel
t-test memperoleh nilai signifikan 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa
Ho ditolak dan H diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media PopUp Book Kekayaan Budaya Indonesia ini merupakan media pembelajaran yang
layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Hasil belajar, Kekayaan Budaya Indonesia, Media Pop-Up Book
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 06 Dec 2024 03:14
Last Modified: 06 Dec 2024 03:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77496

Actions (login required)

View Item View Item