Purwaningsih, Ikah Yulia (2023) Pengembangan E-modul untuk meningkatkan literasi membaca pada materi ipas siswa kelas V SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005408_JUDUL__231215010715.pdf Download (826kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005408_BAB_I__231215010715.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005408_BAB_II__231215010715.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900005408_BAB_III__231215010715.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005408_BAB_IV__231215010715.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900005408_BAB_V__231215010715.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005408_DAFTAR_PUSTAKA__231215010715.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005408_LAMPIRAN__231215010715.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005408_NASKAH_PUBLIKASI__231215010715.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat baca siswa siswa terutama
dalam membaca kembali materi yang telah dipelajari disekolah terutama pada
materi IPAS. Maka dalam hal ini diperlukan bahan ajar yang menarik dan adapat
dibuka dimanapun hanya dengan menggunakan handphone, laptop dan komputer.
Bahan ajar yang cocok digunakan siswa keteika di sekolah dan di rumah adalah
bahan ajar elektronik berupa e-modul. Penelitian ini bertujuan dapat
mengembangan bahan ajar berupa modul yang dikemas secara elektronik (e-modul)
untuk mengenalkan kepada siswa mengenai teknologi yang semakin maju. Karena
penggunaan e-modul dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi membaca
dapat dengan mudah digunakan oleh siswa dimana saja dan kapan saja, sehingga
peserta didik dapat dengan mudah untuk menggunakannya sebagai media
pembelajaran yang dapat mendukung siswa dalam proses pembelajaran dan
meningkatkan literasi membaca pada materi IPAS pada siswa di kelas V.
Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D)
menggunakan model pengembangan Bord and Gall (Research and information
collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing,
main product revision, main field testing, operational product revision). Subjek
yang diambil oleh peneliti yaitu kelas yang terdiri dari 20 siswa pada kelas V SD.
Hasil uji coba kelayakan e-modul untuk meningkatkan literasi membaca
pada materi IPAS siswa kelas V SD dapat diketahui dari hasil penelitian angket dari
ahli materi, ahli pembelajaran, ahli bahasa, ahli media dan siswa. Hasil penelitian
memperoleh persentase 85% dalam ketegori “Sangat Layak” oleh para ahli dan
hasil penelitian memperoleh persentase 84,62% dalam ketegori “Sangat Layak”
oleh siswa. Maka dari itu, e-modul untuk meningkatkan literasi membaca pada mata
pelajaran IPAS siswa kelas V dinyatakan layak untuk digunakan siswa dalam
kegiatan pembelajaran ketika di sekolah dan di rumah. Hasil uji coba e-modul
dalam meningkatkan literasi membaca pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD
karena pada e-modul dilengkapi dengan animasi gambar dan menggunakan font
yang memudahkan siswa untuk membacanya sehingga menarik siswa untuk
membaca dan e-modul sebagai media yang berbentuk elektronik untuk
memudahkan siswa dalam kegiatan pembelajaran ketika disekolah dan dirumah.
Dapat diketahui dari saran dan komentar ahli materi, ahli pembelajaran, ahli bahasa,
ahli media dan siswa secara keseluruhan e-modul yang dikembangkan sudah layak
digunakan sebagai media untuk meningkatkan litetasi membaca pada materi IPAS
di kelas V.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | E-Modul, Literasi Membaca, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 07 Dec 2024 05:16 |
Last Modified: | 07 Dec 2024 05:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77506 |
Actions (login required)
View Item |