TRININGTYAS, MELINDA (2024) pengembangan modul pop-up pendidikan seks remaja sebagai media informasi layanan bimbingan dan konseling di SMAN 1 prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700001079_JUDUL__240705023926.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700001079_BAB_I__240705023927.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700001079_BAB_II__240705023927.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1700001079_BAB_III__240705023927.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1700001079_BAB_IV__240705023927.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1700001079_BAB_V__240705023927.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001079_DAFTAR_PUSTAKA__240705023927.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
Abstract
Remaja, peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Kehidupan remaja dihiasi oleh seksualitas dan memiliki keingintahuan tidak puas tentang seksualitas. Remaja mengekspresikan seksualitas dalam berbagai bentuk tingkah laku seksual, mulai dari pacaran, kencan, ciuman, sampai melakukan kontak seksual, remaja dekat dengan permasalahan yang menyangkut seks bebas. Berdasarkan wawancara Guru BK, terdapat siswa mengalami hamil di luar nikah dan wawancara tiga siswa bahwa mereka masih minim pengetahuan tentang pendidikan seks, menjadi hal tabu untuk diketahui dan dimengerti. Salah satu strategi untuk mengedukasi tentang seks, diberikan layanan bimbingan dan konseling menggunakan media modul pop-up tentang pendidikan seks remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pop-up pendidikan seks remaja berdasarkan penilaian ahli.
Penelitian ini menggunakan research and development dengan model 4D, yang terdiri dari define (analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis materi, dan merumuskan tujuan), design, development dan dissemination. Penilaian Ahli dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli layanan bimbingan dan konseling. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan lembar penilaian ahli. Penilaian dari para ahli dianalisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Jenis data yang diperoleh yaitu data verbal dan data numerik.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan modul pop-up pendidikan seks remaja yaitu uji ahli materi medapatkan nilai 94,44 dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian ahli media mendapatkan nilai 91,67 dengan kategori “Sangat Baik”, dan penilaian ahli layanan bimbingan dan konseling mendapatkan nilai 95,67 dengan kategori “Sangat Baik”, kemudian rata-rata dari penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli layanan mendapatkan nilai 93,99 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, modul pop-up pendidikan seks remaja sebagai media informasi layanan bimbingan dan konseling di SMA N 1 Prambanan layak untuk digunakan berdasarkan penilaian ahli.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul, Pop-Up, Pendidikan Seks Remaja, Layanan BK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 07 Dec 2024 05:16 |
Last Modified: | 07 Dec 2024 05:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77509 |
Actions (login required)
View Item |