Retnoningsih, Risky (2023) Strategi Pengelolaan Perpustakaan dalam Menumbuhkembangkan Literasi Peserta Didik di SD Muhammadiyah Bantul Kota. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600005279_JUDUL__230624113630.pdf Download (625kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600005279_BAB_I__230624113630.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600005279_BAB_II__230624113630.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1600005279_BAB_III__230624113630.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1600005279_BAB_IV__230624113630.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1600005279_BAB_V__230624113630.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005279_DAFTAR_PUSTAKA__230624113630.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1600005279_LAMPIRAN__230624113630.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005279_NASKAH_PUBLIKASI__230624113630.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
Abstract
Pentingnya literasi peserta didik di lingkungan sekolah, perpustakaan sebagai sarana penunjang literasi hendaknya mampu memiliki strategi dalam mengelola perpustakaan sebagai alat untuk menumbuhkembangkan literasi peserta didik di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan perpustakaan di SD Muhammadiyah Bantul Kota 2) untuk mendeskripsikan upaya perpustakaan sekolah dalam menumbuhkembangkan literasi peserta didik di SD Muhammadiyah Bantul Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari guru, peserta didik, dan pustakawan. Obyek penelitian mengamati yang berkaitan dengan strategi pengelolaan perpustakaan dalam menumbuhkembangakan literasi peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Keabsaan data menggunakan teknik truangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan strategi penglolaan perpustakaan dalam menumbuhkembangkan literasi peserta didik di SD Muhammadiyah Bantul Kota meliputi lokasi perpustakaan yang strategis, tata ruang sarana dan prasarana, koleksi perpustakaan, pengelola perpustakaan yang tepat, adanya wajib kunjung, pemberian reward kepada peserta didik, pendidikan pemakai yang dilakukan tiap tahun, peminjaman dan pengembalian buku. 2) upaya perpustakaan sekolah dalam menumbuhkembangkan literasi peserta didik meliputi adanya truktur organisasi, laporan pertanggung jawaban pengadaan koleksi, pengunaan aplikasi SLiMS, perpustakaan keliling dari perpusda, kegiatan study banding oleh pustakawan, adanya fasilitas pojok baca, gazebo literasi, pagupun literasi, tersedianya LCD, televisi, DVD, serta pojok baca untuk proses pembelajaran, dan madding kelas, pena mubata, lomba literasi sebagai program pengembangan literasi perpustakaan sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi pengelolaan, Perpuatakaan Sekolah, literasi perpustakaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 01:41 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 01:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77516 |
Actions (login required)
View Item |