Strategi Pengelolaan Perpustakaan dalam Menumbuhkembangkan Literasi Peserta Didik di SD Muhammadiyah Bantul Kota

Retnoningsih, Risky (2023) Strategi Pengelolaan Perpustakaan dalam Menumbuhkembangkan Literasi Peserta Didik di SD Muhammadiyah Bantul Kota. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005279_JUDUL__230624113630.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005279_BAB_I__230624113630.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005279_BAB_II__230624113630.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005279_BAB_III__230624113630.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005279_BAB_IV__230624113630.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005279_BAB_V__230624113630.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005279_DAFTAR_PUSTAKA__230624113630.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005279_LAMPIRAN__230624113630.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005279_NASKAH_PUBLIKASI__230624113630.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

Pentingnya literasi peserta didik di lingkungan sekolah, perpustakaan sebagai sarana penunjang literasi hendaknya mampu memiliki strategi dalam mengelola perpustakaan sebagai alat untuk menumbuhkembangkan literasi peserta didik di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan perpustakaan di SD Muhammadiyah Bantul Kota 2) untuk mendeskripsikan upaya perpustakaan sekolah dalam menumbuhkembangkan literasi peserta didik di SD Muhammadiyah Bantul Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari guru, peserta didik, dan pustakawan. Obyek penelitian mengamati yang berkaitan dengan strategi pengelolaan perpustakaan dalam menumbuhkembangakan literasi peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Keabsaan data menggunakan teknik truangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan strategi penglolaan perpustakaan dalam menumbuhkembangkan literasi peserta didik di SD Muhammadiyah Bantul Kota meliputi lokasi perpustakaan yang strategis, tata ruang sarana dan prasarana, koleksi perpustakaan, pengelola perpustakaan yang tepat, adanya wajib kunjung, pemberian reward kepada peserta didik, pendidikan pemakai yang dilakukan tiap tahun, peminjaman dan pengembalian buku. 2) upaya perpustakaan sekolah dalam menumbuhkembangkan literasi peserta didik meliputi adanya truktur organisasi, laporan pertanggung jawaban pengadaan koleksi, pengunaan aplikasi SLiMS, perpustakaan keliling dari perpusda, kegiatan study banding oleh pustakawan, adanya fasilitas pojok baca, gazebo literasi, pagupun literasi, tersedianya LCD, televisi, DVD, serta pojok baca untuk proses pembelajaran, dan madding kelas, pena mubata, lomba literasi sebagai program pengembangan literasi perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Strategi pengelolaan, Perpuatakaan Sekolah, literasi perpustakaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 09 Dec 2024 01:41
Last Modified: 09 Dec 2024 01:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77516

Actions (login required)

View Item View Item