Robbiah, Mertya (2024) Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi HOTS peserta didik dalam pembelajaran IPS di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005227_JUDUL__240710110501.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005227_BAB_I__240710110556.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005227_BAB_II__240710110630.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005227_BAB_III__240710111052.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005227_BAB_IV__240710110810.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005227_BAB_V__240710110845.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005227_DAFTAR_PUSTAKA__240710110909.pdf Download (456kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005227_LAMPIRAN__240710110939.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005227_NASKAH_PUBLIKASI__240710111011.pdf Download (735kB) |
Abstract
Keterampilan HOTS sangat penting karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad ke-21. Namun, di Indonesia penerapan HOTS dilapangan belum sepenuhnya tercapai karena model pembelajaran yang sulit diingat oleh guru dalam sintaksnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas V sekolah dasar pada materi keanekaragaman flora dan fauna khas Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, pendekatan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel ditentukan secara purposive, dengan peserta didik kelas VC sebagai kelas ekperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan HOTS dan Lembar observasi aktivitas RADEC. Sedangkan analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji peningkatan (n-Gain), dan Uji Hipotesis (Uji t).
Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran RADEC memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut diperhatikan dari skor rata-rata pretest dikelas eksperimen 62,04 dan dikelas kontrol 59,26. Sementara skor rata-rata posttest kelas eksperimen 89,63 dan dikelas kontrol 63,15. Data tersebut menunjukkan bahwa peningkatan pada kelas eksperimen mencapai 27,59 dan kelas kontrol 3,89. Sintaks pembelajaran RADEC sesuai dengan konteks keIndonesiaan, khususnya pada tahap Read dan Answer yang membuat peserta didik lebih siap untuk belajar. Selanjutnya Discuss, Explain dan Create yang lebih efektif dan memudahkan proses pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran RADEC lebih berpengaruh positif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, RADEC, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 02:28 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 02:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77565 |
Actions (login required)
View Item |