Ilham Syahputra, Maulana (2024) Peranan layanan bimbingan klasikal teknik problem base learning untuk membentuk nilai karakter kerja keras. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001233_JUDUL__240730103516.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001233_BAB_I__240730103516.pdf Download (513kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001233_BAB_II__240730103516.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001233_BAB_III__240711012341.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001233_BAB_IV__240711012341.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001233_BAB_V__240711012341.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001233_DAFTAR_PUSTAKA__240711012341.pdf Download (495kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001233_LAMPIRAN__240711012341.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku nilai karakter kerja keras pada siswa yang terjadi di SMK Muhamadiyah Piyungan terdapat siswa yang masih merendahkan tentang nilai karakter kerja keras dikarenakan siswa yang nilai karakter kerja kerasnya rendah, sehingga di kelas kurang kondusif. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat nilai karakter kerja keras peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal Teknik Problem based learning.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design menggunakan model One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan purposive sampling, yaitu 30 siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Piyungan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas dengan jumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, kuesioner, dan observasi Uji validitas menggunakan validitas konstruk. Uji reliabilitass menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian di analisis menggunakan uji independent Sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest sebesar 85,53 dan Postest sebesar 96,25. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa peningkatan skor hasil responden dari pretest ke postest, pemberian perlakuan dapat meningkatkan jawaban responden dalam karakter kerja keras setelah diberikan treatment. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa Layanan Bimbingan Klasikal teknik Problem Based Learning (PBL) meningkatkan nilai karakter kerja keras siswa pada kelas XI SMK Muhammadiyah Piyungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bimbingan Klasikal, Nilai Karakter Kerja Keras, Teknik problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 02:35 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 02:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77566 |
Actions (login required)
View Item |