Rosidah, Umi (2024) Engembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VII SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006006_JUDUL__241121113200.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006006_BAB_I__241123114931.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006006_BAB_II__241123114932.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000006006_BAB_III__241123114932.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006006_BAB_IV__241123114932.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000006006_BAB_V__241123114932.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006006_DAFTAR_PUSTAKA__241123114932.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006006_LAMPIRAN__241123114932.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan permasalahan yang ditemukan di sekolah yaitu banyak peserta didik yang menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Selain itu, dibutuhkan media pembelajaran yang baru yang mampu memvisualisasikan materi bangun ruang sisi datar dengan menarik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran berbasis website menggunakan Google Sites untuk membantu proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Sites untuk peserta didik kelas VII pada materi bangun ruang sisi datar 2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis Google Sites untuk digunakan peserta didik kelas VII pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen validasi, instrumen respon peserta didik serta pedoman wawancara guru dan peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan peserta didik kelas VII SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar. Teknis analisis data diperoleh melalui hasil instrumen ahli materi, hasil instrumen ahli media, dan hasil dari angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) media pembelajaran yang dikembangkan dari segi materi mendapat perolehan nilai sebesar 95% termasuk pada kategori sangat baik, sedangkan dari segi media mendapat perolehan nilai sebesar 92,50% termasuk pada kategori sangat baik. 2) hasil uji coba kelas kecil memperolah nilai sebesar 84,07�n pada uji coba kelas besar memperoleh nilai sebesar 83,95% keduanya mendapat kriteria sangat baik. Hasil perhitungan akhir mendapat nilai 84,01�ngan kriteria sangat baik sehingga media pembelajaran dikatakan layak dan praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media Pembelajaran Interaktif, Google Sites, Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Dec 2024 02:02 |
Last Modified: | 14 Dec 2024 02:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77600 |
Actions (login required)
View Item |