Perancangan user interface pada aplikasi hidroponik geh menggunakan design thinking

Abimanyu, Dimas (2024) Perancangan user interface pada aplikasi hidroponik geh menggunakan design thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900016191_JUDUL__241122072356.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900016191_BAB_I__241122072356.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900016191_BAB_II__241122072357.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900016191_BAB_III__241122072357.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900016191_BAB_IV__241122072357.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900016191_BAB_V__241122072357.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016191_DAFTAR_PUSTAKA__241122072357.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900016191_LAMPIRAN__241122072357.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Hidroponik Geh merupakan start-up yang mengarah ke konsultan dan jasa, serta penjualan sayuran hidroponik. Hidroponik Geh memasarkan produk dan pembelian produk melalui WhatsApp dan Instagram. Terdapat permasalahan yang dialami pengguna mengenai proses pembelian melalui whatsap tidak efisien dan memakan waktu yang terlalu lama, tidak bisa mengetahui harga untuk pembelian per kilogram, serta pengguna mengalami kesulitan saat mencari postingan produk di Instagram karena hanya tersedia di sorotan cerita. Maka tujuan dari penelitian ini adalah merancang prototype aplikasi Hidroponik Geh.
Metode yang digunakan adalah design thinking yang memiliki 5 tahapan yaitu empathize untuk mengetahui sudut pandang suatu objek dari pengguna, define untuk mendifinisikan ulang dari permasalahan sudut pandang pengguna, ideate untuk memikirkan ide-ide dari hasil permasalahan, protoype untuk merancang high-fidelity prototype, dan testing untuk menguji kebergunaan dari high-fidelity prototype.
Hasil dari penelitian ini adalah perancangan aplikasi dalam bentuk protoype yang telah di uji dengan 5 pengguna telah berhasil menyelesaikan aspek efektivitas 100%, aspek efisiensi menggunakan time based efficiency adalah 0.07 skenario/detik atau setiap skenario dapat diselesaikan selama 14 detik. Dan nilai kepuasan pengguna sebesar 78 (Acceptable) yang berarti High-Fidelity Prototype aplikasi Hidroponik Geh digunakan dengan baik oleh pengguna dari segi efektivitas, efisiensi, dan nilai kepuasan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Design Thinking, Usability, User Interface, Hidroponik Geh
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:14
Last Modified: 17 Dec 2024 04:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77609

Actions (login required)

View Item View Item