Prayogi, M.Ardan (2023) Perancangan Ulang User Interface pada Aplikasi BCA Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900016183_JUDUL__231121090408.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900016183_BAB_I__231121090408.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900016183_BAB_II__231121090408.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900016183_BAB_III__231121090408.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900016183_BAB_IV__231121090408.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900016183_BAB_V__231121090408.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016183_DAFTAR_PUSTAKA__231121090408.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900016183_LAMPIRAN__231121090408.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
Abstract
PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu perusahaan perbankan swasta terbesar di Indonesia yang mengembangkan aplikasi bernama BCA Mobile. Pertama kali dirilis pada tahun 2011 untuk perangkat Blackberry dan pada tahun 2012 aplikasi ini dirilis pada perangkat Android dan iOS. Penerapan metode affinity diagram pada ulasan pengguna aplikasi BCA Mobile di Google Play Store dan App Store diperoleh insight bahwa pengguna menginginkan proses pengisian saldo e-wallet yang lebih cepat, tanpa perlu membuat nomor virtual account terlebih dahulu, serta tampilan menu top up e-wallet yang tersedia pada halaman beranda aplikasi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Membuat user interface berdasarkan ulasan aplikasi BCA Mobile pada Google Play Store dan App Store dengan hasil High Fidelity Prototype. (2) Mengetahui apakah perancangan ulang user interface aplikasi BCA Mobile dalam bentuk High Fidelity Prototype dapat menjadi lebih baik dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, dimana melibatkan pengguna sebagai fokus utama di setiap tahapan penelitian. Tahapan yang dilakukan dimulai dari tahap empathize yaitu menggali masalah pengguna melalui observasi dan wawancara, pada tahap define yaitu untuk menentukan masalah utama, tahap ideate yaitu langkah mengembangkan ide dan solusi dari masalah utama. Pada tahap prototype terdapat dua langkah yaitu prototype low fidelity sebagai kerangka dan prototype high fidelity sebagai prototype yang sudah jadi. Pada tahap terakhir yaitu pengujian untuk melihat nilai efektivitas menggunakan binary success, efisiensi menggunakan time based efficiency dan overall relative efficiency, dan kepuasaan menggunakan system usability scale (SUS) dari pengguna ketika menggunakan prototype. Pengujian dilakukan dengan cara menjelaskan skenario dan dilanjutkan pengguna melakukan simulasi menggunakan smartphone.
Pengujian perancangan ulang diperoleh hasil aspek efektifitas sebesar 100%, aspek efisiensi dengan time based efficiency adalah 9,05 detik/skenario dengan nilai overall relative efficiency sebesar 100�n nilai kepuasan (SUS) pengguna sebesar 78 (Acceptable) yang berarti High-fidelity Prototype aplikasi BCA Mobile digunakan dengan baik oleh pengguna dari segi efektivitas, efisiensi, dan nilai kepuasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Design Thinking, Usability, User Interface, UI, BCA Mobile |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 03:26 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 03:26 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77692 |
Actions (login required)
View Item |