Pengembangan Buku Panduan Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Sari, Febria Novita (2023) Pengembangan Buku Panduan Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001011_JUDUL__231127103141.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001011_BAB_I__231126123044.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001011_BAB_II__231126123044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001011_BAB_III__231126123044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001011_BAB_IV__231126123044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001011_BAB_V__231126123044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001011_DAFTAR_PUSTAKA__231126123044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001011_LAMPIRAN__231126123044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan belajar merupakan kematangan siswa dalam belajar yang harus dimiliki khususnya pada siswa di Sekolah Menengah Pertama. Kesiapan belajar membantu menumbuhkan dan mengembangkan motivasi individu untuk memanfaatkan keterampilan mewujudkan keberhasilan dalam belajar. Namun kenyataanya, siswa SMP Negeri 2 Pleret memiliki kesiapan belajar yang rendah. Hal yang menyatakan rendahnya kesiapan belajar pada siswa dari hasil penyebaran instrument kesiapan belajar menunjukan bahwa 85% siswa yang memiliki kesiapan belajar rendah. Siswa masih banyak yang kurang mengetahui gaya belajarnya, kurangnya keterampilan bertanya, belajar bergantung pada buku wajib sekolah, kurang merasakan kenyamanan asik dalam belajar, kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dengan baik dan benar, minimnya interaksi dan kerja sama dalam belajar berkelompok.
Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yakni metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Validator uji ahli, dalam penelitian ini uji ahli media, uji ahli materi, uji ahli layanan BK. Analisis data pada penelitian menggunakan analisis data kuantitatif untuk instrumen kesadaran karier, penilaian uji ahli media, materi dan layanan dan kualitatif yang berdasarkan pada hasil wawancara, saran dan komentar uji ahli media, materi dan layanan.
Penelitian ini menghasilkan buku panduan untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa Sekolah Menengah Pertama. Data hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai akhir dari uji ahli materi mendapatkan nilai 89,5 dengan kategori “Sangat Baik”, uji ahli media mendapatkan nilai 85,9 dengan kategori “Sangat Baik”, sedangkan hasil dari uji ahli layanan mendapatkan nilai 92,8 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji ahli diatas menunjukan bahwa buku panduan untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa Sekolah Menengah Pertama layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: kesiapan belajar, buku panduan, siswa sekolah menengah pertama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 19 Dec 2024 03:37
Last Modified: 19 Dec 2024 03:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77695

Actions (login required)

View Item View Item