Qotrunnada, Vitya (2024) Pengaruh fanatisme pada budaya k-pop terhadap akhlak bermedia sosial siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031041_JUDUL__241025040109.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031041_BAB_I__241025025311.pdf Download (605kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031041_BAB_II__241025025311.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031041_BAB_III__241025025311.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031041_BAB_IV__241025025311.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031041_BAB_V__241025025311.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031041_DAFTAR_PUSTAKA__241025025311.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031041_LAMPIRAN__241025025311.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Budaya K-Pop adalah budaya prominen dari Korea yang telah dikenal di dunia Internasional dan telah dinikmati oleh penggemarnya di seluruh dunia. Adorasi yang berlebihan terhadap K-Pop menghasilkan perilaku membentuk club untuk mengekspresikan rasa cinta penggemar pada idolanya yang bisa disebut fanatisme. Akhlak merupakan elemen penting dalam berinteraksi. Akhlak terhadap sesama harus dijunjung tinggi dan berlaku juga dalam bermedia sosial.
Penelitian berjudul "Pengaruh Fanatisme Budaya K-Pop terhadap Akhlak Bermedia Sosial Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul" ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan besaran tingkat fanatisme yang ada dalam budaya K-Pop, bentuk-bentuk akhlak bermedia sosial, dan adanya pengaruh antara kedua variabel mengenai pengaruh fanatisme K-Pop terhadap akhlak bermedia sosial di MAN 4 Bantul.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional sebagai metodologi penelitiannya. Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul adalah objek penelitian dengan 426 siswa secara keseluruhan. Untuk keperluan penelitian ini, 206 siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul dipilih sebagai sampel. Menggunakan prosedur pengambilan sampel dengan metode simple random sampling, pengambilan sampel didasarkan pada prinsip pengambilan sampel probability sampling. Dalam penelitian ini, fanatisme dalam budaya K-Pop (X) adalah variabel independen, dan akhlak bermedia sosial (Y) adalah variabel dependen. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai sarana pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial sebagai metodologi analisis datanya. Statistik deskriptif berusaha untuk mengekspos pembaca ke karakteristik data dan informasi, sementara statistik inferensial dengan jenis statistik parametrik menggunakan SPSS 25 for Windows program untuk menganalisis data dan menarik kesimpulan.
Hasilnya menunjukkan bahwa Fanatisme Budaya K-Pop di Madrasah Aliyah Negeri 4 bantul termasuk pada kategori rendah dengan persentase 59,6�n Akhlak Bermedia Sosial siswa termasuk pada kategori tinggi dengan persentase 59,1%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Fanatisme Budaya K-Pop Terhadap Akhlak Bermedia Sosial siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul yakni sebesar 4,2% yang dapat dilihat dari nilai R Square yaitu 0,042. Adapun hubungan terkait fanatisme budaya K-Pop terhadap Akhlak Bermedia Sosial siswa dengan nilai R sebesar 0,206.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Fanatisme Budaya K-Pop, Akhlak Bermedia Sosial, Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 03:48 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 03:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77698 |
Actions (login required)
View Item |