Sari, Nunung (2024) Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Focus Group Discussion Untuk Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa SMP Kelas VIII Muhammadiyah 1 Berbah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001049_JUDUL__241030105506.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001049_BAB_I__241030105506.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001049_BAB_II__241030105506.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001049_BAB_III__241030105506.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001049_BAB_IV__241030105506.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001049_BAB_V__241030105506.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001049_DAFTAR_PUSTAKA__241030105506.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sikap disiplin dapat di artikan sebagai sikap kepatuhan dan ketaatan terhadap nilai-nlai yang di percaya dan menjadi tanggung jawab siswa. Selain itu sikap disiplin juga dapa diartikan sebagai sikap yang baik terhadap peraturan, baik tertulis maupun yang tidak tertulis, serta kesediaan siswa dalam mengikuti dan menerima konsekuensi jika dilanggar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik focus group discussion untuk mengembangkan sikap disiplin siswa SMP Muhammadiyah 1 Berbah.
Jenis penelitian ini, penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini one group pre-tes-pos-tes. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Muhammdiyah 1 Berbah yang berjumlah 32 siswa. Sample penelitian ini berjumlah 7 siswa berdasarkan teknik judgment sampling yang dilakukan penulis dalam menentukan sampel. Uji validitas penelitian ini menggunakan product moment dan uji rehabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Instrumen penelitian yang digunakan skala sikap disiplin. Analisis penelitian ini menggunakan paired sample T-test dengan alat bantu menggunakan SPSS versi 24.
Berdasarkan pada perhitungan uji paired sample T-test diperoleh nilag sig (2-Tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan signifikan antara nilai sikap disiplin siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik focus group discussion. Demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok focus group discussion efektif untuk mengembangkan sikap disiplin siswa SMP kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Berbah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Sikap Disiplin, Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 01:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 01:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78245 |
Actions (login required)
View Item |